jump to navigation

Stop Arogansi Di Jalan September 22, 2010

Posted by Menyusuri Jalan in Bikers.
Tags: , , , , , , ,
trackback
Jika Rombongan Seperti Ini Tentu Enak Dilihat.. Tertib

Bandung, 22 September 2010 Hari ini MJ.com kesal bukan main akibat tindakan para oknum anggota club motor. Ketika akan berbelok ke Jalan Gegerkalong arah Daarut Tauhid dari arah Jalan Setiabudi Bandung, karena arus lalu lintas cukup padat, MJ.com sedikit terhambat untuk segera masuk ke Jalan Gegerkalong itu. Lalu dari kejauhan dari arah Kota Bandung dan tampaknya akan menuju ke arah Lembang, datanglah rombongan (gerombolan) motor berjumlah kurang lebih 20 motor yang jika MJ.com lihat motornya itu beraneka ragam mulai dari motor sport hingga metik tetapi mereka menggunakan jaket yang sama berwarna hitam dengan ada sedikit tulisan berwarna merah di bagian punggungnya yang tidak sempat MJ.com baca.


MJ.com yang saat itu tidak menggunakan motor MJ.com dan tidak menggunakan atribut klub mencoba memberi mereka jalan agar mereka dapat melewati MJ.com dengan lancar.  Tidak ada masalah pada awalnya, satu persatu dari rombongan (gerombolan) motor ini melewati MJ.com, lalu setelah hampir semua motor melewati MJ.com, tiba-tiba MJ.com dikagetkan dengan hantaman akibat ayunan dari tongkat lampu tepat mengenai bagian belakang helm MJ.com. Sikap MJ.com yang semula sudah tidak respek terhadap rombongan ini karena cara mereka ketika melewati MJ.com ditambah dengan kejadian seperti ini mebuat MJ.com spontan mengucapkan kata kasar.

Itulah hal-hal yang kadang membuat club motor sering disamakan dengan gerombolan gangster dan membuat club motor kadang memiliki citra buruk selain seperti hal-hal yang dilakukan seperti yang pernah MJ.com posting di sini.

Rombongan konvoi memang memiliki Hak Utama di jalan tetapi konvoi juga harus memperhatikan pengguna jalan yang lainnya yang sama-sama menggunakan jalan. Sikap arogan di jalan yang dilakukan malah membuat rombongan konvoi itu mendapat balasan dari pengguna lain mulai dari doa-doa yang tidak baik hingga tindakan-tindakan yang menjurus kekerasan.

Sikap kurang bersahabat yang dilakukan oleh oknum-oknum peserta konvoi ini bisa dikurangi bahkan bisa dihilangkan jika saja semua peserta rombongan konvoi mengetahui dan memahami SOP mengenai konvoi itu sendiri. Tetapi kadang para perangkat atau petugas konvoi sendiri yang melakukan tindakan yang tidak terpuji sehingga para peserta menjadi ikut-ikutan melakukan tindakan yang tidak terpuji ini seperti misalnya mengangkat kaki terlalu tinggi ketika ada kendaraan berlawanan seperti layaknya mau menendang padahal isyarat kaki digunakan untuk memberi tahu kalau ada rintangan, contoh lainnya adalah penggunaan tongkat lampu yang memberikan kesan arogan sambil dikibas-kibaskan (bahkan beberapa kali MJ.com kadang melihat beberapa rombongan (gerombolan) konvoi menggunakan botol air mineral) padahal tongkat lampu itu mungkin akan lebih memberikan kesan positif jika digunakan ketika rombongan sedang istirahat di pinggir jalan saat malam hari agar keberadaan konvoi yang sedang istirahat dapat diketahui oleh pengguna jalan yang lain.

Mintalah jalan dengan sopan dan setelah diberi jalan tentunya mengucapkan terima kasih dengan memberikan
acungan jempol, hal ini tentu akan membuat pengendara lain dengan senang hati akan memberi jalan. Hentikan tindakan-tindakan yang membuat citra klub motor buruk di mata masyarakat.

Tindakan arogan juga kadang dilakukan bukan hanya oleh rombongan konvoi tapi kadang dilakukan oleh perorangan yang dampaknya memberi kesan buruk untuk club motor. Perorangan yang dimaksud adalah oknum-oknum anggota club motor yang menjalankan kendaraan secara ugal-ugalan dengan alasan terburu-buru. Pengendara lain tidak akan tahu menahu tentang keperluan orang tersebut, yang pengendara lain lihat adalah si oknum anggota klub menjalankan kendaraan secara ugal-ugalan. Perilaku seperti ini sebenarnya tanpa disadari oleh oknum tersebut sudah memberikan citra buruk terhadap club motornya sendiri. Mengapa tanpa disadari, karena dia tidak sadar bahwa di motornya itu tertempel stiker anggota clubnya, yang akhirnya masyarakat sekitar akan menilai “OH KLUB MOTOR ‘A’ ITU ADALAH KLUB MOTOR YANG SUKA UGAL-UGALAN.

Jangan bertindak arogan di jalan.. Ingatlah kita adalah klub motor sama-sama pengguna jalan raya bukan gerombolan pembuat onar di jalan. Berlakulah sopan hargai juga pengguna jalan yang lain.

Tetap sopan di Jalan Keep Safety Riding.

Sumber foto: Dago Tubs collection

Komentar»

1. Kembali Citra Bikers Dinodai « Menyusuri Jalan - Januari 9, 2011

[…] bikers (yang katanya tidak mau disebut Geng Motor) setelah kejadian seperti yang MJ.com muat di sini dan di […]

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s