Patuhi Undang-Undang, Ingin Motor Balap….. Di Sirkuit Saja!!!!!!

Bandung. Dari hari kehari konsep modifikasi sepada motor semakin beragam, orang berlomba-lomba untuk membuat tampilan sepeda motornya agar lain dari yang lain, membuat sepeda motornya unik atau bahkan membuat orang terpana karena anehnya modifikasi yang dilakukan. Tetapi seaneh apapun modifikasi jangan sampai melanggar UU dong, selain menyalahi aturan, kadang malah mengganggu pengendara yang lain.

Akhir-akhir ini, MJ semakin banyak menemui modifikasi dari sepeda motor yang semakin berlawanan dengan UU yang berlaku. Salah satunya terjadi pada Sepeda Motor Kawasaki Ninja 250  yang mereka sama-sama memodifikasi dengan gaya agar sepeda motornya menyerupai sepeda motor yang digunakan balapan di sirkuit dengan memodif bagian ekor, melepaskan spakbor belakang, hingga tidak memasang plat tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Modifikasi memang boleh, asal tetap dalam koridor UU yang berlaku, ingat spakbor itu fungsinya untuk mengurangi cipratan air ketika hujan, bayangkan jika anda berada di belakang kendaraan tanpa spakbor saat hujan,  ada spakbor aja masih kena cipratan apalagi tidak, lalu letak lampu penanda belok (sign lamp) pun tersembunyi… please…. ini jalan raya bukan sirkuit… saling menghargailah sesama pengguna, ditambah dengan TNKB yang tersembunyi atau bahkan tidak ada (jangan-jangan sepeda motor ini mau digunakan untuk kejahatan makanya tidak pasang TNKB agar tidak diketahui identitasnya).

Semoga pelanggaran berjamaah ini segala disadari kalau itu semua telah melanggar dan keliru, MJ yakin pemilik Kawasaki Ninja 250 merupakan orang berpendidikan semua dan dapat membaca tentang UU yang berlaku saat ini, sedikit MJ kutip beberapa pasal dalam UU maupun Peraturan Pemerintah (berhubung PP yang baru belum ada, selama belum terbit maka PP sebelumnya masih berlaku selama tidak bertentangan dengan Undang-undang)

UU No 22 tahun 2009

Pasal 68 

(1) Setiap Kendaraan Bermotor  yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan Bermotor, dan masa berlaku.
(3) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku.
(4) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan. 

PP No 44 tahun 1993:

Pasal 70

Komponen pendukung kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal  3 ayat (2) huruf a, terdiri dari :
a. pengukur kecepatan, untuk kendaraan bermotor yang memiliki kemampuan kecepatan 40 km/jam atau lebih pada jalan datar;

b. kaca spion;
c. penghapus kaca kecuali sepeda motor;
d. klakson;
e. sabuk keselamatan kecuali sepeda motor;
f. sepakbor;
g. bumper, kecuali sepeda motor.

Pasal 77

(1)   Sepakbor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 huruf f, diwajibkan  untuk setiap kendaraan bermotor.

(2)   Sepakbor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus memenuhi  persyaratan :

a.mampu mengurangi percikan air atau lumpur kebelakang kendaraan, atau  badan kendaraan; b.memiliki lebar sekurang-kurangnya selebar telapak ban

Pasal 86

 (1)  Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan tempat untuk memasang tanda nomor kendaraan bermotor pada  sisi bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. 

(2)  Setiap  kereta  gandengan  atau  kereta tempelan dilengkapi  dengan tempat untuk  pemasangan  tanda nomor kendaraan bermotor pada sisi bagian belakang kereta gandengan atau kereta tempelan. 

(3)  Tempat  pemasangan tanda nomor kendaraan  bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat  (2), berada  pada   posisi  tegak  lurus  dengan kendaraan  bermotor.

Memang pelanggaran ini tidak hanya dilakukan oleh para pemilik Kawasaki Ninja 250, tidak sedikit pula sepeda motor dari jenis yang lain yang memotong atau menghilangkan spakbornya, tetapi alangkah terhormatnya dan terpujinya dengan motor CC yang besar dan tentu tidak semua orang bisa memiliki (harga yang mahal) karena harus berfikir untuk mengeluarkan uang hingga 40 jt untuk sebuah sepeda motor (belum ditambah biaya modifikasi) memberi contoh yang baik.

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Tentang Menyusuri Jalan

Mencoba berbagi
Pos ini dipublikasikan di Modifikasi, Peraturan dan tag , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Patuhi Undang-Undang, Ingin Motor Balap….. Di Sirkuit Saja!!!!!!

  1. triclaksono berkata:

    masih sekolah ya Mas, ntar kalo udah lulus masuk AKPOL ya, tangkepin para outlaws di jalan ya .. 🙂

    Suka

  2. undang2 yang dilematis…kalo diterapkan secara tidak benar…bisa2 jadi pungli nih..serammm

    Suka

  3. micoas3 berkata:

    itulah pemilik motor yang otaknya dipertanyakan.

    Suka

  4. vwx a.k.a capelah berkata:

    jujur, g pake spakbor ane masih bisa maklum,…
    g pake / g ada signlamp ane masih bisa memaksakan untuk maklum,…
    tail lamp g berwarna merah,… sumpah kl ane anggota, udah ane tangkepin semua tuh orang! tapi ya mau gimana,… oknum anggota aja banyak yg pake knalpot freeflow sembarangan n g pake taillamp n brake lamp merah!

    Suka

  5. lexyleksono berkata:

    Yup..yup..setuju banget, modifikasi boleh2 aja asal tdk melanggar aturan yg ada.

    Suka

  6. Cicakmerah berkata:

    “(3) Tempat pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), berada pada posisi tegak lurus dengan kendaraan bermotor.”

    posisi tegak lurus… nasibnya motor sport yg baru2 ini keluar gmn? plat depannya ga tegak lurus, melainkan miring 45 derajat…

    Suka

  7. nobu berkata:

    modifikasi dalam aturan dong biar mengurangi kecelakaan..dan meningkatkan respect..

    Disukai oleh 1 orang

  8. dona berkata:

    setuju brow, peraturan hrs di tegakkn.. bkn kita yg mengatur peraturan

    Suka

  9. empep berkata:

    standar juga dah bagus….

    Suka

  10. Ping balik: Riding Gearnya Safety Tapi…… « Jalan Berkarisma

  11. Ping balik: Spakbor R15 Miring??? Sindrom Motor Balap, yang normal juga bakal pada di lepas… | Jalan Berkarisma

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s