Menikmati Proses Sidang Tilang

Bandung. Simpang Siur tentang informasi bagaimana sebenarnya proses sidang tilang yang sebenarnya, muncul keinginan MJ untuk mengetahui bagaimana sebenarnya proses sidang itu. Ternyata akhirnya dengan berat hati keinginan MJ ini dikabulkan.

Kronologisnya terjadi pada Kamis malam, minggu yang  lalu (20/10), karena lalu lintas padat MJ tidak menyadari lampu lalu lintas sudah berubah menjadi berwana merah. Beberapa detik kemudian sebuah bunyi peluit mengagetkan MJ dan seorang petugas polisi menyuruh MJ kepinggir (hanya MJ yang disuruh kepinggir padahal dibelakang MJ ada 3 motor yang sama-sama terjebak padatnya lalu lintas).

Seperti biasa, kata-kata pembuka petugas polisi itu sudah dapat MJ terka, Selamat Malam dan bla-bla-bla setelah itu MJ diminta memperlihatkan SIM dan STNK kemudian petugas polisi tersebut berjalan menuju pos, MJ pun mengikutinya.  Di dalam pos singkat cerita MJ memaksa minta sidang saja dan akhirnya diberi slip surat tilang berwarna merah.

Hari Jumat di minggu berikutnya MJ datang ke lokasi Sidang, Sidang tilang biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat. MJ datang ke Pengadilan pukul 07.00 meskipun sidang dimulai pukul 08.00 tetapi lokasi koridor menuju ruang sidang sudah sumpek dengan peserta sidang. Setelah mencari ruangan yang ditentukan, MJ disuruh menyerahkan Slip tilang di meja yang telah disiapkan.

Tepat pukul 08.00 proses sidang pun dimulai, perkiraan MJ proses sidang akan rumit, ternyata beberapa menit kemudian MJ dipanggil untuk masuk ruangan, begitu masuk MJ disuruh duduk, kemudian Hakim membacakan pasal pelanggaran MJ, dan menyebutkan MJ didenda dengan jumlah denda Rp. 30.000,- + biaya sidang Rp. 1.000,- setelah itu Hakim mengetuk palu dan mempersilahkan MJ untuk membayar denda di pintu keluar. Tepat pukul 09.12 MJ sudah keluar sidang dengan membawa Barang Sita MJ yaitu SIM.

Ternyata proses sidang tidak seribet yang MJ bayangkan, dan perasaan nyaman karena uang yang MJ keluarkan masuk ke Kas Negara.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas, Keep Safety Riding n Zero Accident

11 thoughts on “Menikmati Proses Sidang Tilang

  1. about_blank

    setuju, pastikan masuk kas negara, jangan mau selesaikan di tempat….negara ini udah hampir hancur gara2 korupsi dan suap-menyuap….kalo menurut agama ane sih: yang menyuap dan yang disuap sama-sama masuk neraka….piss…

    Suka

    Balas
  2. Valencia

    setuju, pastikan masuk kas negara, jangan mau selesaikan di tempat….negara ini udah hampir hancur gara2 korupsi dan suap-menyuap….kalo menurut agama ane sih: yang menyuap dan yang disuap sama-sama masuk neraka….piss…
    +1

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s