jump to navigation

Catatan Perjalanan Dari Gunung Bromo : Gunung Bromo Itu Bagus…. Tapi …. Desember 31, 2011

Posted by Menyusuri Jalan in Perjalanan.
Tags:
trackback

Bandung. Ketika MJ melihat-lihat foto yang MJ dapat ketika MJ berjalan-jalan ke Gunung Bromo, MJ mendapati beberapa foto yang sangat MJ sayangkan tentang perilaku manusia yang berkunjung ke Gunung Bromo. 

Gunung Bromo merupakan salah satu objek tujuan wisata yang sangat indah, ketika kita masuk ke wilayah objek wisata suasana sangat rapi kita temui sepanjang jalan dengan deretan rumah warga setempat yang tertata rapi membuat kita merasa dibawa ke suatu perkampungan yang sangat memanjakan mata kita, bergerak semakin ke puncak suasana tambah asri dengan ladang-ladang milik warga yang sangat subur sebagai dampak dari efek pasir yang berasal dari kawah gunung bromo.

Gunung Bromo memang sangat indah apalagi ketika pagi  saat kabut turun diterpa oleh sinar mentari pagi, sungguh indah dan memanjakan mata kita seakan-akan kita berada di atas awan memandang jauh ke depan semua kepenatan sirna.

Tapi dibalik keindahan yang dimiliki oleh pesona Alam Gunung Bromo, masih sangat banyak tangan-tangan jahil yang tiada hentinya meninggalkan jejak dan mengotori keindahan gunung bromo, seperti sampah, coretan-coretan yang membuat mata menjadi lelah memandangnya.

Disamping tangan-tangan jahil yang ada, pemeliharaan terhadap fasilitas yang ada baik itu dari pemerintah maupun masyarakat sekitar tidak berjalan dengan baik, terbukti di beberapa sudut sebelum memasuki kawasan lautan pasir, MJ menemui sebuah mushola yang tampaknya sudah sangat lama tidak digunakan karena kondisinya sudah sangat hancur, padahal tentunya Mushola ini sangat bermanfaat bagi para pengunjung yang ingin beribadah (meskipun mayoritas penduduk Gunung Bromo bukanlah Islam). Kemudian kerapihan perumahan warga di pintu masuk tidak terlihat di sekitar Lautan Pasir Gunung, terlihat tidak tertata rapih di sini.

Berjalan jauh menuju kawah Gunung Bromo, beberapa kali MJ temui sampah dari pengunjung, tepat sebelum sampai ke tangga Kawah, banyak sekali pedagang makanan yang berjualan dan tentu saja semakin banyak sampah di sini ditambah bau pesing dan kotoran kuda menusuk hidung apalagi ketika matahari semakin terik baunya sangat menusuk hidung (MJ sarankan jika mau ke kawah saat waktu masih sangat pagi), dilanjutkan ketika meniti tangga, tangga menuju kawah rusak sebagai akibat dari letusan sebelumnya yang mengubur tangga ini, dan menurut warga yang MJ tanya memang tangga ini sebelumnya terkubur dan warga hanya bisa membersihkan dari pasir yang menutupinya saja tanpa bisa memperbaiki kerusakan yang ada.

Berjalan lebih jauh menuju puncak kawah, di bibir kawah pengaman pengunjung ketika berada di pinggir kawah sudah rusak akibat letusan Gunung Bromo dan masih belum diperbaiki.

Semoga tulisan ini bisa mendorong pemerintah, masyarakat sekitar dan pengunjung untuk memperhatikan keindahan Gunung Bromo. Gunung Bromo itu Indah tapi kenapa pemeliharaan dan tangan jahil di sana begitu banyak…. Semoga Pemeliharaan Gunung Bromo bisa lebih baik sehingga dapat lebih mempercantik Gunung Bromo.

JANGAN TINGGALKAN JEJAK KECUALI JEJAK KAKI

Keep Safety Riding n Zero Accident

Komentar»

1. azizyhoree - Januari 6, 2012

lar lar, ada yang ente ga tau tuh sejarah tangga? sebenarnya setahun yang lalu tuh tangga masih bagus, tapi karena terkena letusan erupsi hampir 1 tahun yag lalu tuh tangga rusak & terpendam luapan magma + pasir 🙂

Suka

menyusurijalan - Januari 10, 2012

kan… klo tangganya rusak akibat dari letusan sebelumnya…. dan letusan yang lumayan gede yah setahun yang lalu….. tapi alangkah baiknya klo setelah letusan itu pemerintah setempat kembali memperbaikinya…. sehingga gunung bromo tetap nyaman untuk dikunjungi…. yo ah turing lagi… hehehehehe

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: