jump to navigation

Liburan Mudik Balik Belum Selesai Angka Kecelakaan Sudah Naik Agustus 25, 2012

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan, Perjalanan.
Tags: , , , ,
trackback

Sumber Data: Korlantas Mabes Polri

Liburan lebaran yang biasa dimanfaatkan dengan acara mudik ke kampung halaman belumlah usai masih menyisakan dua hari lagi yaitu hari ini dan esok (sabtu dan Minggu), namun kecelakaan yang terjadi di jalan raya meningkat melebihi kejadian kecelakaan yang terjadi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut data Korlantas Polri yang MJ dapat, sampai dengan tanggal 24 Agustus kemarin angka kecelakaan sudah naik 4 % yaitu dari 3777 menjadi 3927 kasus, dilihat dari persentase memang kecil tetapi jika kita rubah menjadi angka angka kejadiannya sudah mencapai 150 kasus dengan jumlah korban meninggal pun naik 10,3 % dari tahun sebelumnya yaitu dari 622 menjadi 686 orang meninggal dunia.

Kecelakaan yang terjadi ini ternyata masih lebih banyak melibatkan sepeda motor, dari 686 orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan 512 orang merupakan pengguna sepeda motor, mudik menggunakan sepeda motor memang mengasikkan namun resiko yang dimiliki lebih besar.

Lalu siapa yang harus disalahkan atas peningkatan jumlah kecelakaan ini, apakah pihak Kepolisian yang gagal melakukan pengamanan?

Mungkin disini MJ akan lebih menitikberatkan pada diri pengendara sendiri, sebelumnya sudah banyak pihak-pihak yang ikut mencoba mengurangi angka kecelakaan dengan mengadakan mudik bareng, seperti ATPM Sepeda Motor (Honda dan Yamaha), Produsen Jamu, Kemenhub, bahkan TNI pun ikut berkontribusi dengan mengakut para pemudik dengan menggunakan kapal perang agar meminimalisir kecelakaan yang terjadi.

Namun kenyataannya kecelakaan tetap meningkat, hal ini MJ lihat dari kesadaran pengendara sendiri yang masih minim akan

Sumber Data: Korlantas Mabes Polri

pentingnya keselamatan berkendara, memang ketika kita lihat siapa sih yang mau kecelakaan, tetapi dari sikap pengendara di jalan seolah-olah pengendara sepeda motor ini menantang maut dengan sikap berkendaranya. Berikut ini beberapa hal yang MJ lihat menantang maut yang sengaja dilakukan oleh pengendara sepeda motor ketika perjalanan mudik dan balik.

  1. Membawa barang yang berlebih, barang yang dibawa biasanya terlalu banyak sehingga mengganggu proses pengendalian sepeda motor (handling), baik itu barang nya bersifat memang barang bawaan ataupun penumpang.
  2. Memaksakan diri, banyak pengendara yang ingin segera cepat sampai lokasi tujuan, sehingga memaksakan diri yang sudah lelah untuk tetap memacu kendaraan yang akhirnya berakibat berkurangnya gerak reflek dan konsentrasi dari pengendara itu sendiri.
  3. Melanggar lalu lintas, banyaknya kendaraan membuat jalanan menjadi ramai, tetapi ketika semakin banyak kendaraan dan semakin pengendara yang ingin sampai dengan cepat akhirnya banyak yang menghalalkan segala cara dengan melanggar lalu lintas yang menjadikan jalan semrawut, ketika sudah semrawut ini emosi biasanya menjadi tidak terkendali sehingga ketika berkendara menjadi tidak konsentrasi lagi dan kecelakaan lebih mudah terjadi.

Kecelakaan bisa diminimalisir oleh pengendara sendiri sebagus apapun rekayasa yang dilakukan di jalan raya, semulus apapun jalanan yang dilalui semua itu tidak ada gunanya apabila mental pengendara sendiri yang belum diperbaiki, sehingga angka kecelakaan tidak bertambah lagi.

Keep Safety Riding n Zero Accident

Komentar»

1. TDF - Agustus 26, 2012

sangat ironis, pengin berlebaran di kampung malah menuai celaka…

Suka

menyusurijalan - Agustus 26, 2012

betul…….. semoga kesadaran berkendara lebih baik sehingga tingkat kecelakaan bisa semakin berkurang…

Suka

2. Nur Aidha Hasanah - Februari 21, 2013

Ini kejadiannya dimana ya?. Tolong cepet balesnya butuh banget soalnya.

Suka

Nur Aidha Hasanah - Februari 21, 2013

tolong dibales.

Suka

menyusurijalan - Februari 22, 2013

secara nasional>>>>>

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: