Piringan Cakramnya Sampai Kecil…….

100_6795Keisengan MJ kembali muncul hari ini.. disela-sela kemacetan kota Bandung MJ menemukan sebuah sepeda motor yang patut dijadikan “contoh” untuk kawan-kawan semua agar nyaman ketika berkendara di jalan.

Awalnya MJ biasa aja ketika melihat sepeda motor yang satu ini, karena sepeda motor sudah banyak sekali saat ini yang seliweran di jalan dengan kondisi lampu belakang yang dicopot, dirubah mika/lampunya sehingga menjadi bening dan menyilaukan.

Namun ketika MJ pandang ke arah bagian roda penggerak belakang alias ban belakang, sepeda motor yang sudah mengaplikasi sistem pengereman menggunakan cakram ini tampaknya pemiliknya kurang perhatian dengan sistem pengeremannya sehingga cakram belakang yang biasanya berdiameter kurang lebih 20 cm kini mungkin berkurang hampir 6 cm menjadi hanya 14 cm atau mungkin kurang.

Hal ini disebabkan karena kebiasaan kita yang kadang kurang peduli dengan hal yang kecil namun besar manfaatnya pada semeda motor kita. Seharusnya ketika terjadi pengereman ketika terjadi sentuhan antara piringan cakram yang terbuat dari logam dengan kanvas rem, yang akan habis tergerus adalah kanvas rem, namun karena kanvas rem yang digunakan sudah habis maka gesekan yang terjadi kini adalah antara logam dengan logam, sehingga akhirnya karena logam tempat menempelnya kanvas itu sifatnya lebih keras dibandingkan piringan cakram maka akhirnya piringan cakramlah yang kalah sehingga akhirnya ukurannya mengecil karena tergerus akibat gesekan.

Jika sudah seperti ini maka fungsi rem belakang dipastikan akan sangat tidak maksimala atau malah tidak berfungsi lagi dan apabila mau dikembalikan ke kondisi semula tentu akan menelan biaya yang mahal karena harus membeli cakram yang baru.

Sistem pengereman sangat penting untuk kendaraan bergerak termasuk sepeda motor karena disana nyawa kita juga ikut dititipkan.

Keep Safety Riding n Zero Accident

17 thoughts on “Piringan Cakramnya Sampai Kecil…….

    1. menyusurijalan Penulis Tulisan

      ia sangat parah….. heran….. MJ kira cakram buat sepeda dipasang… eh pas dilihat lebih teliti ternyata kampas remnya aja udah ngga ada…..

      Suka

  1. stevant

    Ah masa kecil diameternya karena dipake? di modif kali….? biasanya kalau dipakai menipis atau bergelombang belum pernah tuh ada yang sampai mengecil begitu….keburu keluar api kalau besi beradu besi….

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s