Tempuh 25 km New Revo FI habiskan 0,196 liter

DAM_3273Bro n sis…. Bertepatan dengan peluncuran New Revo FI di Bandung kemarin, MJ mendapat kesempatan juga untuk mengikuti adu irit yang diselenggarakan oleh PT. Daya Adicipta Mustika Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat, seperti apa hasilnya? baik akan sedikit MJ ulas.

Supaya tidak banyak menimbulkan pertanyaan perlu dibuat beberapa parameter terlebih dahulu diantaranya berat badan MJ 72 kg, motor yang MJ gunakan adalah New Revo FI versi Refo Fit, riding yang MJ lakukan adalah riding normal, dengan kecepatan bervariasi (tidak konstan) serta mengambil top speed pada 80 km/jam. Metode pengukuran bahan bakar adalah dengan  full to full dan menimbang bahan bakar yang diisikan ke tanki bahan bakar.

Posisi Awal

Posisi Awal

Terakhir jalanan yang digunakan adalah jalanan protokol kota Bandung, yang tentu saja tidak sepi, boleh bro n sis cek jalanannya… dimulai dari Lap. Tegalega – Moch.Toha – Soekarno Hatta – Kiaracondong – Gatot Subroto – Laswi – Martadinata – Banda – Belitung – Sumatera – Aceh – Merdeka – Lembong – Veteran – Ahmad Yani – Asia Afrika – Sudirman – Jamika – Peta – Bkr – Moch.Ramdan – Pungkur – Ibu Inggit Garnasih – Moch.Toha – finish Lap. Tegalega, owh iya sedikit yang tertinggal, perjalanan dilakukan tanpa pengawalan alias kalau lampu merah berhenti, kalau macet mengikuti sambil sedikit salip-salip.

Sebelum berangkat catat dahulu posisi kilometer, kemudian berangkat menyusuri jalan dari Lap Tegalega kembali lagi ke

Lapangan Tegalega, di beberapa lampu merah sempat terhenti terutama lampu merah buah batu yang terkenal cukup lama berhentinya, mesin tidak dimatikan. setelah selesai kemudian dilakukan pengukuran, pertama-tama kembali mencatat kilometer jarak yang ditempuh kemudian bahan bakar sebanyak 1 liter ditimbang untuk mengetahui berat jenisnya beratnya dan didapat 731,94 kg/m3 gr setelah itu bahan bakar yang sudah ditimbang dimasukkan ke tanki motor hingga sampai ke batas awal

Posisi Akhir

Posisi Akhir

saat mau berangkat tadi kemudian untuk mengetahui jumlah yang dimasukan sisanya kembali ditimbang dan didapat sisanya menjadi 588,22 kg/m3 gr.

nah dari hasil itu jika kita lakukan perhitungan matematik secara sederhana (semoga MJ tidak salah) bahan bakar yang kembali dimasukkan sebanyak 731,94 dikurangi  588,22 hasilnya 143,72 nah kalau dikonversi ke liter jika 1 liter sama dengan 731,94 maka kalau 143,72 maka kurang lebih 0,196 liter. wah sangat irit tentunya karena jarak yang MJ tempuh 25,3 km.

Kalau seandainya MJ harus menghabiskan 1 liter yah kalau secara matematika sederhana kurang lebih MJ akan menempuh jarak sejauh  128,84 km…. wih……. cukup irit untuk dan cocok untuk dipakai untuk yang sehari-harinya bekerja menyusuri jalan…

Bagaimana menurut bro n sis???

IMG_3507 IMG_3511 IMG_3512

Keep Safety Riding n Zero Accident

13 thoughts on “Tempuh 25 km New Revo FI habiskan 0,196 liter

  1. ewnc

    itu berat jenis bensin knp bisa berubah? kan harusnya tetap? makanya disebut berat jenis.
    kalo full to full ngitungnya bkn dgn dari full – dipake – diisi lg sampe full butuh brp?

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s