jump to navigation

Mengerem Sambil Menikung…… Bisa ??????? Maret 7, 2014

Posted by Menyusuri Jalan in Safety Riding.
Tags: , ,
trackback

IMG_2991Bro n sis… melanjutkan tulisan MJ sebelumnya mengenai pilih mana CBS atau non CBS ada sebuah pertanyaan dari pengunjung blog yang meminta bantuan bagaimana cara mengendalikan si kuda besinya yang mengaplikasikan CBS karena dia takut dengan banyaknya kabar yang mengatakan CBS itu berbahaya…

Pertanyaan seperti ini bro n sis….

duppy | February 28, 2014 at 05:19

Motorku ųϑãђ dateng gan 4hari yang ℓαℓυ, kmaren wktu a̲̅ƙϋ ℳά̲υ͡ belok ditikungan, didepanku ada motor jadi aku ngerem mendadak pakek rem dua2nya, aku jatuh.. Motorku jadi berret sek orang2nya..
Minta tolong ϑoº°˚˚°ºoñk, penggunaan yang tepat υηтυк rem CBS itu gmana, rem mana yang paling enak digunakan n rem mana yang bahaya digunakan,,

duppy | February 28, 2014 at 11:26

Motor saya sudah dateng dateng, dan kmaren saya jatuh ditikungan pas ngerem mendadak, saya menggunakan Rem kanan n kiri..
Minta tolong ϑoº°˚˚°ºoñk, bagaimana cara penggunaan rem Beat CBS agar tidak bahaya..
soalnya saya mulai takut Ȋ̝̊πȋ̝̊ ..

nah untuk menjawab pertanyaan yang satu ini MJ diajak ngobrol oleh Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Mustika, Pa Asep Wawan beliau menjelaskan secara gamblang seperti apa proses pengereman yang baik itu.

Mau pakai CBS mau tidak kalau kita tidak tahu cara pengereman maka dijamin halal kemungkinan besar kita akab “bermesraan” dengan jalan. Jadi memang kita harus tahu dulu dasar dari pengereman.

Pada dasarnya kalau dalam  kondisi yang normal (motor tegak) melakuan pengereman itu adalah dengan menggunakan rem depan & belakang secara bersamaan, dan memfungsikannya tidak sekaligus tapi makin lama makin kuat (bukan kecepatan tapi kekuatannya makin lama makin kuat). Itu dalam kondisi normal bro n sis….

Lalu jika pada saat sedang menikung kondisi motor menjadi miring maka rem yang digunakan adalah rem belakang dulu (harus diingat cara penarikan rem tidak sekaligus), sambil mengerem belakang kondisi motor harus bisa ditegakkan dan setelah tegak lalu lakukan pengereman yang normal tadi sampai berhenti.

Perlu bro n sis juga ketahui, fungsi utama dari rem itu bisa dikatakan bukan untuk menghentikan kendaraan tetapi mengurangi kecepatan  atau laju kendaraan yang semakin lama rem itu ditarik/diinjak maka akan membuat kendaraan berhenti jadi proses pengereman perlu jarak agar kendaraan benar-benar berhenti.

Kita ambil perumpamaan saja bro n sis…. jika kita membawa sepeda motor dengan kecepatan 40 km/jam saja dibutuhkan jarak sekitar 11 meter dapat berhenti total (dengan nyaman). so semua itu akan kembali lagi ke cara berkendara kita, makanya MJ tidak henti-hentinya yuk kita berkendara defensive jangan offensive yang berlanjut menjadi agresif yang tentunya akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain….

Ingat pendapat MJ: fungsi rem adalah untuk memelankan kendaraan atau mengurangi laju kendaraan yang jika terus difungsikan maka efeknya akan membuat kendaraan untuk berhenti. Jika kita beranggapan fungsi rem adalah untuk menghentikan kendaraan secara tiba-tiba maka 90% kita mengalami kecelakaan.

Kembali ke pertanyaan awal, Bisakah kita mengerem sambil menikung????? maka jawabannya adalah bisa asal kita tahu caranya…

tambahan dari pengunjung warung….

gc133hijrah | March 8, 2014 at 07:04

Sebaiknya memang tidak ngerem pada saat ditikungan, tapi sebelum tikungan, apalagi jika tikungan tajam, Karna saat menikung, motor otomatis akan miring, dan jika ngerem mendadak, apapun caranya, maka motor akan tiba2 menjadi tegak dan kehilangan keseimbangan. Lihat pembalap motogp… Jika dia ngerem d tikungan maka yg terjadi adalah geal-geol ga karuan….
Sebagai biker memang seharusnya orientasi ruang tempat dan waktu harus semakin diasah……. Jika udah mahir dan matang, make motor tanpa rem-pun akan ga masalah….

Bagaimana menurut bro n sis????

Keep Safety Riding n Zero Accident

Komentar»

1. Yoshi - Maret 7, 2014

bahaya sekali

Suka

Yoshi - Maret 7, 2014
2. monkeymotoblog - Maret 7, 2014
3. gc133hijrah - Maret 8, 2014

Sebaiknya memang tidak ngerem pada saat ditikungan, tapi sebelum tikungan, apalagi jika tikungan tajam, Karna saat menikung, motor otomatis akan miring, dan jika ngerem mendadak, apapun caranya, maka motor akan tiba2 menjadi tegak dan kehilangan keseimbangan. Lihat pembalap motogp… Jika dia ngerem d tikungan maka yg terjadi adalah geal-geol ga karuan….
Sebagai biker memang seharusnya orientasi ruang tempat dan waktu harus semakin diasah……. Jika udah mahir dan matang, make motor tanpa rem-pun akan ga masalah….

Suka

menyusurijalan - Maret 9, 2014

betul kang….. sip……..

Suka

4. Jaga Jarak Saat Riding Di Belakang Mobil, Motor Terjatuh Gara-Gara Tidak Jaga Jarak | Jalan Berkarisma - Mei 26, 2015

[…] Mengerem Sambil Menikung…. Boleh Saja Asal….. […]

Suka

5. Combi brake system penyebab celaka, naik matik Honda dengan CBS harus extra hati – hati! | Mengupas soal motor - November 11, 2016

[…] Sumber dari “Mengerem Sambil Menikung…… Bisa ???????” […]

Suka

6. sucahyoaji - November 11, 2016

Solusi mengerem belakang duluan tidak bisa dipakai pada motor matik Honda yang pakai CBS. karena walau rem belakang yang ditekan, pasti rem depan dulu yang mencengkeram.

Kalau jalan licin, akan lebih mudah jatuh.

Cara menikung normal tidak bisa diterapkan di CBS nya honda.

https://kupasmotor.wordpress.com/2016/11/11/combi-brake-system-penyebab-celaka-naik-matik-honda-dengan-cbs-harus-extra-hati-hati/

Kalau naik motor Honda dengan CBS, jangan pernah mengerem bila menikung di jalan licin!

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: