Pilih Mana CBS atau Non CBS

Bro n sis…… beberapa hari terakhir ini terdapat beberapa komentar dan email yang masuk ke MJ yang bertanya lebih baik menggunakan Sepeda Motor yang menggunakan CBS atau Non CBS, pertanyaan ini muncul setelah beberapa orang mengabarkan kalau CBS katanya tidak aman….

Nah sebelum kita tentukan lebih baik yang mana, terlebih dahulu kita kenali apa itu CBS?

Secara singkat neh bro n sis …. CBS atau Combined Braking System ada juga yang bilang Combi Brake System itu adalah sebuah sistem yang terdapat pada sepeda motor dimana pengendara cukup mengaktifkan (menarik atau menginjak) salah satu tuas pengereman maka rem depan dan rem belakang akan berfungsi tentu saja dengan komposisi ke”pakeman” rem yang berbeda, bagian belakang akan lebih mencengkran dibandingkan dengan bagian roda depan ketika dilakukan pengereman.

Jadi CBS bisa dikatakan sebagai sebuah alat bantu agar ketika kita akan melakukan pengereman hanya dengan cukup menarik satu tuas maka rem belakang dan depan akan berfungsi, karena setahu MJ ketika mengikuti pelatihan safety riding pengereman yang baik itu adalah pengereman yang dilakukan dengan menggunakan rem depan dan rem belakang secara sekaligus.

Lalu ketika ditanya pilih mana CBS dan non CBS??? maka mungkin jawaban MJ akan lebih memilih CBS karena lebih membantu kita, namun tentu saja mau CBS atau non CBS kalau kita tidak tahu cara teknik pengereman maka dua-duanya akan tidak bermanfaat…. untuk tahu teknik pengereman bisa bro n sis baca lagi di sini…

Semoga manfaat…..

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Tentang Menyusuri Jalan

Mencoba berbagi
Pos ini dipublikasikan di Safety Riding dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Pilih Mana CBS atau Non CBS

  1. gc133hijrah berkata:

    Ane punya yg cbs, dan beberapa kali nyobain berbagai matik non cbs.
    Keuntungan pertama dan satu2nya adalah, ban belakang ga ngepot pada saat rem belakang ditarik keras, meskipun terjadi ngepot,itupun karna rem depan yg udah mulai habis kampas remnya. Dan tidak akan seheboh yg non cbs yg bisa megal-megol ga karuan….. Pernah kejadian hampir jatuh karna rem belakang keras karna menghindari lubang besar….
    Saat itu ane pk vario 110 non cbs…

    Suka

  2. Ping balik: Mengerem Sambil Menikung…… Bisa ??????? | Jalan Berkarisma

  3. sucahyoaji berkata:

    Problemnya sistem CBS membuat rem depan dulu yang bekerja, sehingga akhirnya banyak yang celaka karena CBS

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/11/11/combi-brake-system-penyebab-celaka-naik-matik-honda-dengan-cbs-harus-extra-hati-hati/

    Suka

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s