Menikmati Olahan Susu di BANDOENGSCHE MELK CENTRALE (BMC)

IMG_6763Bro n Sis…. Kota Bandung saat ini identik dengan kota kuliner, sehingga tidak afdol rasanya jika datang ke kota Bandung kita tidak berwisata kuliner, nah di Bandung terdapat satu tempat makan yang sudah berdiri sejak jaman Belanda dan hingga saat ini masih beroprasi melayani para pecinta kuliner, BMC itulah namanya…..

Sebelum kita bahas makanannya, Kita bahas dulu sejarahnya yah bro n sis…. BMC didirikan di akhir tahun 1928. Awalnya sebagai badan koperasi, BMC beranggotakan para peternak sapi perah dan pengusaha susu di Bandung dan sekitarnya. Saat itu BMC adalah koperasi susu pertama yang menerapkan manajemen modern dan peralatan pabrik pengolahan susu berteknologi tinggi di zamannya.

Sejak berdiri, BMC adalah satu-satunya koperasi pusat pengolahan susu dan termodern di Hindia Belanda, hal ini karena sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi. Mantep….

Lokasi BMC ini terletak di Kebon Sirihweg No. 58 yang kemudian berubah nama menjadi Jalan Aceh No. 30. Tempat ini dulu dipilih sebagai lokasi BMC karena letaknya strategis. Kebon Sirihweg bermuara pada dua jalan utama, yaitu Logeweg (Jln. Wastukencana) dan Tjitjendoweg (Jln. Cicendo), sehingga memudahkan pengangkutan susu dari peternakan ke BMC serta pengantaran susu kepada para pelanggan susu baik yang bermukim di kawasan Bandung utara maupun selatan. Pemilihan lokasi juga didasarkan pada kedekatan letak dan kemudahan pengangkutan ke lapangan terbang andir dan stasiun kereta api.

Nah bicara tentang makanan, di BMC ini ditawarkan berbagai macam minuman dari susu, mulai dari es krim, milshake, youghurt dan kefir. Nah minuman yang paling banyak dicari dan MJ rekomendasikan adalah milshake dan kefir, perlu Bro n Sis ketahui, kefir rasanya sangat asam jadi yang belum tahu lebih baik memilih kefir dengan rasa strowberry sehingga asamnya ada rasanya..

Untuk makanan sendiri, di BMC ini terdapat berbagai makanan mulai dari makanan indonesia sampai eropa, namun jika MJ boleh sarankan, paling pas kalau menu minumannya olahan susu maka makanannya jangan yang terlalu berat cukup pilih saja cheese stick, bitterbalen, pangsit goreng ataupun crepes, sambil ngerumpi bareng teman pasti asik…

Jalan-jalan ke Bandung…. wajib rasanya mampir ke BMC bro n sis….

Keep Safety Riding n Zero Accident

2 thoughts on “Menikmati Olahan Susu di BANDOENGSCHE MELK CENTRALE (BMC)

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s