Iklan
jump to navigation

Mengenal Sejarah dan Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu September 21, 2014

Posted by Menyusuri Jalan in Wisata.
Tags: , , , ,
trackback

IMG_5025Bro n Sis…. Jika kita bicara Museum tentu yang terbayang mungkin sesuatu yang kuno, jadul, purba, dan sebagainya, namun ternyata jauh di luar itu jika kita berkunjung ke Museum terdapat banyak hal yang bisa kita petik dan tentunya akan bermanfaat, banyak pelajaran yang bisa kita ambil yang kadang hal-hal tersebut malah kita acuhkan..

MJ beberapa hari yang lalu berkesempatan untuk berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, sebuah Museum di daerah Kaliurang yang udaranya sejuk dan didalamnya menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan budaya Jawa mulai dari sejak terbentuknya kerajaan Mataram Islam hingga kini.

Jika kita datang ke museum biasanya ruangannya cukup luas dan banyak koleksi yang dipajang sehingga kadang kita akan terlewat dengan beberapa koleksi yang cukup luar biasa, maka tidak jika kita berkunjung ke Museum Ullen Sentalu.

Nah di Museum Ullen Sentalu yang memiliki koleksi berupa mulai dari Gamelan kemudian lukisan dan foto foto tokoh sejarah budaya Mataram Islam, kain batik vorstenlanden, karya sastra,  arca arca kebudayaan Hindu Buddha, dan koleksi etnografi era Mataram Islam serta dibingkai dengan kisah sosial ekonomi politik seni sejarah dan budaya Jawa, terutama kisah para putri di kraton Mataram yang tidak banyak dikisahkan kepada masyarakat awam ini museumnya berbetuk laksana labirin yang tentunya akan membuat kita tidak akan melewatkan tiap IMG_5013koleksi yang mereka miliki.

Selama perjalanan menyusuri lorong-lorong dan Ruangan di Museum ini pemandunya menjelaskan tiap koleksi dengan sangat lengkap dan tentunya tidak monoton, kadang beberapa kali diselingi dengan candaan sehingga suarana menjadi tidak membosankan dan waktu berkeliling selama 1 jam pun tidak terasa ketika sambil mendengarkan penjelasana dari pemandu.

Nah untuk Bro n sis yang ingin berkunjung ke Museum ini, bro n sis bisa datang ke Kaliurang kalau bertanya di pegunungan yang sejuk dengan suhu udara berkisar di 15 s.d 25 derajat ini tentu banyak orang yang tahu, untuk masuk museumnya bro n sis yang dewasa cukup membayar sebesar Rp. 30.000 dan Rp. 15.000,- untuk anak-anak biaya tersebut sudah termasuk karcis masuk pemandu wisata dan sajian jamu khas Ullen Sentalu. Hanya saja bagi yang suka foto-foto MJ ingatkan di dalam Museum ini bro n sis dilarang untuk berfoto-foto untuk menjaga karya-karya di museum katanya, karena menurut Pemandu MJ saat itu yang bernama mbak Ifah yang sangat ramah, sebagian karya di Museum ini merupakan koleksi pribadi sehingga tentu tidak ada di tempat lain.

Tetapi jangan khawatir untuk yang mau tetap berfoto ada beberapa spot yang disana kita diizinkan untuk mengambil gambar sebagai bukti kenang-kenangan kita sudah berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini.

Bagaimana bro n sis???? Bro n sis bisa mengajak keluarga terutama anak-anak ke Museum seperti ini soalnya banyak pelajaran yang bisa di dapat….

Berfoto Bareng dulu dengan Guided Tour sis Ifah yang Ramah dan Humoris.... Thank panduannya...

Berfoto Bareng dulu dengan Guided Tour sis Ifah yang Ramah dan Humoris…. Thank’s panduannya…

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: