Timbel….. Makanan yang Mudah Ditemui di Subang…

IMG-20141231-00069Bro n Sis…. Hari Minggu kembali kita bahas mengenai wisata dan kuliner…. kali ini MJ akan berbagai info mengenai Makanan yang paling banyak MJ temui di kota yang baru MJ tempati yaitu Subang…

Selama hampir 8 bulan MJ di subang, sedikit demi sedikit MJ mulai mengenai kabupaten ini, dan seperti biasa makanan menjadi yang coba MJ eksplor lebih dulu dan setelah MJ keliling pusat Kabupaten Subang makanan yang paling banyak MJ temui mulai dari pagi hari, siang maupun sore menjelang malam adalah timbel.

Timbel makanan khas Jawa Barat atau orang sering menyebutnya Nasi Timbel dan orang sunda bilang Sangu Timeul, adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dipadatkan karena itu satu bungkus nasi timbel ini cukup mengenyangkan.

Lauk pendampingnya tergantung dari selera tapi tidak terlalu ramai, lebih mantap biasanya cukup dengan ikan asin atau ikan pindang ditambah tahu dan tempe serta sambel dan lalapan itu dirasa sudah cukup namun beberapa biasanya ditambah dengan ayam goreng sehingga terlihat lebih wah.

Nah di Subang, nasi Timbel ini dijajakan mulai dari di rumah makan hingga di gerobak-gerobak pinggir jalan, lauknya pun yang ditawarkan beragam, mulai dari kepala ayam, sate usus, sate ati ampela, ayam goreng, ikan goreng hingga berbagai macam tumisan, seperti orek tempe, toge tahu, telor dan banyak lagi, yang semakin banyak jenisnya yang kita pilih tentu akan semakin mahal nanti kita bayarnya.

Kalau MJ ketika makan Nasi Timbel ini lebih suka yang dijajakan di gerobak di banding di warung nasi karena Subang-20141231-00070harganya lebih murah. Salah satunya adalah yang terletak di Jl. O. Jaya Wisastra tidak jauh dari persimpangan jalan KS Tubun. Berada di bawah pohon yang rindang tentu menambah nikmat suasana, hanya saja nasi timbel yang ini jualannya hanya di pagi hari hingga waktu makan siang saja.

Lauknya pun tidak banyak-banyak yang dipilih dan biasanya kalau MJ tidak pakai ayam goreng karena sudah terlalu sering pilihan  biasanya jatuh pada tempe orek ditambah gorengan serta sambal dan lalapan….  dengan harga nasi 2000/bungkus ditambah gorengan 4 buah dengan harga perbuah 500 plus tempe orek 2000 dengan total 6000 sudah cukup kenyang mengisi perut karena sambal dan lalapan ketika dimakan di tempat itu gratis mau ngambil sebanyak-banyaknya juga…

Nasi Timbel….. bisa jadi pilihan mengisi perut bro n sis ketika berkunjung ke pusat Kabupaten Subang karena pasti akan bro n sis banyak temui terlebih di hari minggu seperti ini….

Subang-20141231-00071

Keep Safety Riding n Zero Accident

4 thoughts on “Timbel….. Makanan yang Mudah Ditemui di Subang…

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s