Yuk kita mengenal Apa sih Sebenarnya eSP itu????

eSPBro n Sis…. pada akhir tahun 2014 kemarin, Honda kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu All New BeAT eSP dan All New BeAT POP eSP. Beberapa rekan MJ bertanya apa sih sebenarnya eSP itu, tampaknya sekarang menjadi sesuatu yang wajib pada skutik milik Honda ini.

Sebenarnya ini bukan hal yang asing lagi beberapa tahun yang lalu sudah banyak yang bahas, namun ternyata masih banyak yang bertanya, karena itu yuk kita bahas lagi…

Nah bro n Sis… eSP itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari Enhanced (Peningkatan) Smart (Pintar) Power (Tenaga) jika kita lihat pengertian yang MJ dapat, eSP itu bisa dikatakan merupakan sebuah penamaan untuk mesin Honda, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan  ACG starter dengan tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan performa dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan tujuan finalnya adalah ramah lingkungan.

Beberapa hal yang menjadi karakter dari eSP itu kita bahas di bawah ini….

Kita mulai dari ACG starter dan ISS, dengan diterapkannya ACG starter maka starter di buat menyatu dengan alternator. Maka produk yang sudah menggunakan ACG starter itu kini tidak terdapat motor starter dan susunan gigi starter sehingga suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi. Nah part ini sangat pas nantinya jika berdampingan dengan idling stop system (ISS). ISS sebuah system yang akan mematikan mesin jika berada pada kondisi langsam lebih dari 3 detik.

Yang berikutnya adalah pengaplikasian Roller Rocker Arm, part ini sebenarnya sudah dipakai kalau tidak salah IMG_9299sejak jaman Karisma tujuannya adalah mengurangi gesekan sehingga akan meningkatkan daya tahan part tersebut. Berikutnya pembentukan Tumble dan Squish, dimana Tumble adalah memperlancar dan membentuk aliran udara masuk vertikal agar campuran udara dengan bahan bakar lebih merata sedangkan squish adalah menciptakan aliran udara campuran yang kuat mengarah ke busi.

Selanjutnya adalah Offset Cylinder & Spiny Sleeves, Offset cylinder adalah memposisikan piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as tujuannya adalah ketika langkah usaha atau kompresi gesekan yang terjadi antara piston dan dinding silinder semakin kecil karena Piston dan setang piston akan bergerak cenderung lurus tanpa menekan dinding silinder. kemudian spiny sleeve adalah membentuk lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. lebih rincinya bisa membaca tulisan kang taufik di sini…

Faktor lainnya adalah Light Weight Piston & pin, disini jelas dari artinya saja sudah ketahuan, pinton dan pin dibuat lebih ringan dan bidang yang bersentuhan dengan dinding silinder diperkecil sehingga akan mengurangi berat dan gesekan yang terjadi.

Selanjutnya adalah mengoptimalkan desain CVT untuk mengoptimalkan perpindahan daya dan pendinginan di sistem CVT.

Dan terakhir adalah Optimalisasi Rib pada transmision case dengan tujuan untuk menghindari pergolakan oli dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan oli untuk pendinginan.

Nah itu beberapa karakter dari eSP sendiri, jadi sekarang semoga bro n sis mengerti apa maksud tulisan eSP yang tertera pada motor Matik Honda itu…. yang intinya tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi pembakaran, mereduksi gesekan dengan tujuan meningkatkan performa dari motor itu sendiri.

Keep Safety Riding n Zero Accident

3 thoughts on “Yuk kita mengenal Apa sih Sebenarnya eSP itu????

  1. As Terdashyat

    Cuman jargon…tak lebih…
    Seperti spiny sleve ,molibdenum,diasil,ada plus minusnya…
    Coba tanya orang metalurgi….
    Jangan tanya sales f be ha dan f be ye…
    Apalagi bloger kondangan…

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s