Iklan
jump to navigation

Radiator Cover itu untuk Melindungi bukan Menghalangi… Januari 6, 2015

Posted by Menyusuri Jalan in Modifikasi.
Tags: , , , , , ,
trackback

Tutup RadiatorBro n Sis….. MJ mampir ke grupnya para pengguna motor CBR150R disana ada sharing mengenai tutup radiator…. Pentingkah???

Bro Adrian lah yang meminta pendapat tentang tutup radiator (perlu MJ garis bawahi dulu, tutup radiator disini adalah tutup kisi-kisi radiator) tunggangannya apa perlu dipertahankan atau dilepas saja karena ditakutkan akan membuat mesin motor kesayangannya panas….. Sebenarnya disana sudah selesai dibahas tapi yuk kita bahas juga disini..

Terlebih dahulu kita harus tahu dulu apa itu Radiator, mencoba mengingat-ingat waktu sekolah dulu kalau Radiator itu merupakan sebuah alat penukar kalor yang digunakan untuk memindahkan energi kalor dari satu medium ke medium lainnya. Lebih lanjut jika diterapkan pada kendaraan bermotor tujuannya untuk menjaga suhu kendaraan agar tetap adem alias tidak kepanasan dengan cara fluida alias cairan yang panas dari mesin disuruh melewati kisi-kisi radiator agar bisa didinginkan oleh angin kemudian fluida yang relatif sudah lebih dingin tadi kemudian dialirkan kembali ke dalam mesin agar mesin tetap adem alias dingin.

Kisi-kisi ini yang biasanya sangat rentan, karena posisinya terbuka maka akan rawan terkena benda asing sehingga kadang bisa bocor dan kalau sudah bocor tentu cairan pendingin akan berkurang yang dampaknya fungsinya untuk mendinginkan mesin akan berkurang juga.

Untuk menghindari itu beberapa pemilik motor yang sudah menggunakan radiator memberi tutup pada radiatornya untuk mencegah kerikil mengenai kisi-kisi radiator ini, namun kadang melupakan fungsi dari radiator ini dimana kisi-kisi ini harus mendapatkan angin yang cukup agar pendinginan bisa maksimal.

Perlu diingat oleh bro n sis… jika ingin memberi penutup pada radiator tujuannya untuk apa?? untuk menghalangi atau melindungi, jangan lupakan fungsi radiator itu untuk mendinginkan/menjaga temperatur mesin tidak over heat. Jika ingin menghalangi tidak perlu mahal-mahal pakai saja kardus atau papan triplek potong seukuran radiator kemudian tempel maka radiator terhalangi dari kerikil plus angin juga tidak bisa lewat dan fungsinya sebagai radiator hilang.

Tapi kalau tujuannya untuk melindungi…. maka kisi-kisi ini harus tetap bebas dan jangan terhalang sehingga udara radiator-cover-honda-cbr150r-indonesiabisa tetap lewat mendinginkan fluida yang lewat di dalam kisi-kisinya, karena itu carilah tutup radiator yang pada area kisi-kisinya banyak bagian yang terbuka seperti yang terbuat dari anyaman kawat.

 

So….. Sekali lagi… pemilihan tutup radiator ini tetap perhatikan fungsi dari radiator sendiri, bukan hanya sebatas gaya-gayaan atau enak dipandang mata saja… Semoga Manfaat.

 

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Komentar»

1. ardiantoyugo - Januari 6, 2015

kebanyakan malah menghalangi…

strategi turunan ala AHM:
http://ardiantoyugo.com/2015/01/05/strategi-turunan-ala-ahm-cerdik-juga-ya/

Suka

2. setia1heri - Januari 6, 2015

itoe betoel adanja
functional first

Suka

3. Kobayogas - Januari 6, 2015

benul skali mang

Suka

4. macantua - Januari 6, 2015

malah ada yg ditutup sama plat nomer hahahahaha

http://macantua.com/2015/01/06/pesona-headlamp-z250/

Suka

5. sucahyoaji - Januari 6, 2015
6. Bapak'e Salma - Januari 6, 2015

sepakat mas

Suka

7. dewitya - Januari 6, 2015

terimakasih mas atas infonya

Suka

8. adityaprad - Januari 6, 2015
9. Mase - Januari 7, 2015

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: