Jaga Jarak Saat Riding Di Belakang Mobil, Motor Terjatuh Gara-Gara Tidak Jaga Jarak

tabrak belakang

Ilustrasi

Bro n Sis…… Sedikit berbagi pengalaman lagi nih bro n sis…. kejadian ini terjadi tadi pagi saat MJ akan berangkat beraktifitas.

MJ keluar rumah di daerah Subang untuk berangkat ke Bandung pukul 05.00 saat itu jalanan masih cukup gelap, kendaraan MJ pacu dengan kecepatan yang beragam rata-rata di 80 km/jam karena bisa dibilang kondisi jalanan masih sangat lenggang.

Namun perlu diingat jalan ibarat air, air tenang bukan berarti tidak berbahaya, begitu juga jalanan, sepi bukan berarti tanpa bahaya. Karena sudah setiap hari melewati jalan yang sama setidaknya MJ sudah bisa sedikit memetakan di daerah mana saja kecepatan harus dikurangi karena perlu bro n sis ketahui saat ini jalur Subang Bandung sangatlah tidak mulus.

Sebuah Accident terjadi tadi pagi, Alhamdulillah tidak menimpa MJ. Saat itu ketika melewati Desa Gunung Dua, Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, MJ sudah hafal betul di salah satu tikungannya suka ada air yang mengalir dari pinggir jalan sehingga jalanan menjadi basah meskipun tidak hujan, selain itu jalan ini ada lubang juga.

Kronologinya seperti ini…

MJ saat itu memacu motor MJ kurang lebih di kecepatan 80 km/jam karena hendak menyalip mobil Fortuner bersama 2 pemotor lainnya, saat itu posisi MJ paling belakang jadi di depan MJ terdapat dua motor yang satu di sebelah kiri yang satu di sebelah kanan.

Karena kondisi jalan agak rusak di daerah tersebut maka kecepatan pun MJ kurangi, tiba-tiba tanpa diduga ternyata mobil Fortuner juga memelankan kendaraan karena menghindari lubang tetapi motor yang ada di depan MJ masih tetap memacu kendaraannya dan terpaksa mengerem mendadak, dari kejauhan terlihat motor yang disebelah kanan juga mengerem mendadak dan langsung mengambil ke kanan sedangkan yang sebelah kirinya hilang keseimbangan dan  kemudian terjatuh, terlihat efek gesekan besi dengan aspal sebelum kemudian akhirnya motor terhenti. Pengendaranya terjatuh helmnya terlepas. Kemudian MJ dan beberapa orang rider berhenti dan menolong. Alhamdulillah meskipun mengalami luka lecet sang pengendara tidak mengalami cedera yang serius.

Bagaimana dengan mobilnya, pengendara mobil tidak tahu apa-apa, kendaraannya kendaraan luar kota sepertinya dia belum hafal banget kondisi jalan plus ditambah toh dia memelankan kendaraan juga karena ada lubang, so ketika lubang tersebut terlewati dia kembali melaju sebelum motor terjatuh dan tidak berbenturan sama sekali dengan motor. Seandainya kalau mobilnya terkena benturan pun bisa dipastikan motornya malah yang disalahkan karena tabrak belakang.

Pelajaran sangat berharga untuk kita semua bro n sis…. selalu jaga jarak dengan kendaraan lain terutama dengan kendaraan yang lebih besar dimana posisi kendaraan tersebut menghalangi pandangan kita terhadap kondisi jalan. Ingat ketika akan berhenti pasti akan ada jarak yang diperlukan agar kendaraan bisa benar-benar berhenti dengan nyaman.

Kalau sempat bro n sis bisa kembali baca artikel yang satu ini…

Mengerem Sambil Menikung…. Boleh Saja Asal…..

Jaga Jarak…. Semakin cepat laju motor kita maka semakin panjang jarak yang diperlukan agar kendaraan kita bisa benar-benar berhenti.

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

6 thoughts on “Jaga Jarak Saat Riding Di Belakang Mobil, Motor Terjatuh Gara-Gara Tidak Jaga Jarak

  1. pesonafragrance

    duluuuu sekali sekitar tahun 80an, saya pernah nabrak suzuki katana dari belakang, untung kecepatan hanya berkisar 40km/j. itu pun karena ngalamun saking pelannya…. selamat, hanya ganti biaya pecah kaca lampu belakang kanan. buat pelajaran sendiri

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s