Apa Kata Kapolri tentang Gugatan Pembuatan SIM dan STNK ke MK??

ilustrasi-sim-dan-stnk_20150107_111937Bro n Sis…. Beberapa waktu yang lalu ramai berita tentang Kewenangan Polisi menerbitkan SIM dan STNK yang digugat ke Mahkamah Konstitusi. Lalu bagaimana tanggapan Kapolri???

Kewenangan Polri dalam bidang administrasi yakni terkait kewenangannya melakukan penerbitan SIM dan STNK telah digugat oleh beberapa pihak yaitu Alissa Q Munawaroh Rahman, Malang Corruption Watch, dan YLBHI. Gugatan tepatnya disebabkan karena pasal dalam UU No.2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia dan UU no. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berkaitan dengan kewenangan administrasi Polri terkait SIM dan STNK, katanya tidak sesuai dengan tugas dan kewenangan Polri sebagai penegak hukum dan fungsi pengamanan seperti diatur dalam UUD 1945.

Nah Kapolri Jendral Badrodin Haiti sendiri ternyata memiliki pendapat lain bro n sis….. Katanya meskipun tidak mempersoalkan gugatan ke MK itu, kewenangan Polri dalam hal penerbitan SIM dan STNK katanya telah sejalan dengan tugas dan wewenang Polri dan membuat pengungkapan kasus kejahatan menjadi lebih efektif contoh yang diambil adalah seperti kasus Bom Bali dimana pengungkapan kasus ini diawali dari identifikasi kendaraan pengguna kejahatan.

Lebih lanjut Kapolri sendiri katanya tidak setuju bila proses pengurusan SIM dan STNK kemudian diserahkan kepada lembaga pemerintah. Karena katanya saat ini proses penerbitan yang dilakukan oleh Polri sudah baik dan sesuai prosedur.

Begitu bro n sis… tanggapan Kapolri mengenai gugatan kewenangan penerbitan SIM dan STNK yang dilakukan Polri ke MK… Bagaimana menurut bro n sis..???

Keep Safety Riding n Zero Accident

10 thoughts on “Apa Kata Kapolri tentang Gugatan Pembuatan SIM dan STNK ke MK??

  1. pulsy1355

    Polri itu penegak hukum… jadi harusnya yg diurusi adalah penegakan hukum n aturan positif yg sdh berlaku…
    kalo penerbitan SIM n STNK harusnya mmg ditangani lembaga lain, coz ni bukan ranah penegakan hukum, tapi ranah administrasi semacam penerbitan KTP n sertifikat tanah.
    tapi ya jelas saja POLRI gak mau melepas tow… lha ini tu lahan empuk cari duit sampingan je… kayak gak tahu aja… proyek…proyek… duittt… duittt…

    Suka

    Balas
  2. Halim

    Iya Bnerrr bgttt polisi mah cukup ngatur ketertiban… jgn ngurus msalh gitu2an.. jadi y malah kaga konsentrasi .. bantu dan mengayomi masyarakatkan banyak pahala y..dari pada ngurus surat sim bpk dll… ikhlasin aja pak ..di lepas aja kepada instansi lain… klu bp emang kpingin di sebut jujur mah…. pasti di lepas kooo…

    Suka

    Balas
  3. blade-in

    Tertibkan dulu tu tarif simsalabim pembuatan SIM/STNK atau perpanjangan SIM/STNK … Kalau bikin SIM ditodong dua tiga kali lipat, mending tarik dari Polri, serahkan ke lembaga pemerintah yang lebih kredibel dan lebih transparan !!!

    Suka

    Balas
  4. pulsy1355

    Ya setidaknya kalo gak mau nglepas, harusnya minimal proses n pembayaran administrasi penerbitan SIM, BPKB harus bnr2 transparan n jelas tarif2nya supaya gak banyak pungli… lha skrg khan masih merajalela tu pungli di urusan SIM n BPKB yg terkesan gak jelas besaran tarifnya,

    Suka

    Balas
  5. pesonafragrance

    Ranah eksekutif harus terpisah dari legislatif demikian pun yudikatif…. demikian sistim negara ini…. tapi realita banyak campur aduknya. Pelanggaran konstitusi ya mesti jadi tugas mahkamah konstitusi….

    Suka

    Balas
  6. Uya_SRG

    MAU ga yah melepas? mau ga ya menyerahkan?? Legowo ajalah bapak, kalo memang hal tersebut bukan hal utama dalam pekerjaan POLRI, jadi serahkan saja… Toh tetap POLRI bgian LANTAS juga ko yang menindak….ya kan??

    Suka

    Balas

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s