Iklan
jump to navigation

Mengenal Pengawalan Polri kata admin facebook Divisi Humas Polri Agustus 18, 2015

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan.
Tags: , , , , ,
trackback

PATWALBro n Sis…. Selepas kejadian Penghentian Rombongan Moge yang menerobos lampu merah di Yogyakarta yangheboh beberapa waktu lalu, facebook Divisi Humas Mabes Polri rajin mengupdate peraturan tentang pengawalan… ini update-annya…

Menurut Divisi Humas Mabes Polri:

Pengawalan kendaraan yang dilakukan oleh Polri pada dasarnya bertujuan agar terwujud dan terpelihara keamanan lalu lintas dan angkutan jalan. (Pasal 200 ayat (1) jo. ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”).

Kendaraan yang harus mendapatkan (1) pengawalan adalah kendaraan yang mendapatkan hak utama, yaitu: (Pasal 135 jo. Pasal 134 UU LLAJ)

  1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
  2. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
  3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
  4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
  5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
  6. Iring-iringan pengantar jenazah; dan
  7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri.

Yang dimaksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara lain: Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam (2)

Ini berarti dapat saja konvoi motor gede (moge) meminta pengawalan Polisi jika memang dirasa hal tersebut untuk keamanan lalu lintas, baik kendaraan yang melakukan konvoi maupun kendaraan lain di sekitarnya.

Terkait dengan konvoi yang dikawal oleh Polisi ini adalah salah satu fasilitas yang diberikan Kepolisian untuk warga negara. Pengawalan tersebut bukan hanya untuk kelompok atau jenis kendaraan tertentu saja, tetapi Polisi memberikan pengawalan untuk semua warga yang membutuhkan pengawalan baik kendaraan bermotor maupun tidak, seperti sepeda untuk kegiatan fun bike.

Nah sekarang kita bahas sedikit yah bro n sis…… Tidak apa-apa bro n sis bosan juga…. MJ sudah memberi nomor dan menebalkan hal yang kita bahas…

Untuk No (1) disitu Divisi Humas Mabes Polri menulis bahwa kata yang harus mendapatkan pengawalan komentar MJ simple saja sih untuk yang satu ini kata harus berarti tidak boleh tidak dikawal.. seringkah bro n sis semua melihat ambulan sipil yang dikawal oleh polisi??? atau kendaraan damkar yang dikjawal polisi… pasti jawabannya tidak…

Untuk no (2) Menurut admin Divisi Humas Mabes Polri katanya konvoi motor gede (moge) meminta pengawalan Polisi jika memang dirasa hal tersebut untuk keamanan lalu lintas, baik kendaraan yang melakukan konvoi maupun kendaraan lain di sekitarnya. yang ini juga simple saja sih…. Apakah keamanan lalu lintas masuk kedalam kepentingan tertentu seperti yang MJ hitamkan di poin 2. Makin pusing kan????? Kenapa makin pusing karena ternyata kata admin Humas Mabes Polri konvoi moge termasuk kepentingan tertentu. 

Jadi curiga nih, jangan-jangan moge yang dikawal terus menerobos lampu merah mereka pada bawa bom atau di boxnya ada pasukan atau pengguna mogenya adalah pasukan huru hara atau mereka sebenarnya adalah relawan bencana.

Terima kasih Divisi Humas Mabes Polri…… ternyata kita jadi pintar dan semakin tahu isi undang-undang mana yang benar di jalan raya dan mana yang dibuat jadi benar…. Bagaimana menurut bro n sis….

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: