Iklan
jump to navigation

Ngantuk dan Lelah Penyebab Utama Kecelakaan Selama Mudik 2016 Juli 13, 2016

Posted by Menyusuri Jalan in Kecelakaan.
Tags: , , , , ,
trackback

Kecelakaan Ninja vs Inova Pamanukan (6)Bro n Sis… Arus Balik belum selesai karena libur sekolah baru akan masuk tanggal 18 Juli nanti namun mayoritas pemudik sudah kembali beraktifitas mulai tanggal 11 Juli 2016 senin kemarin.

Mudik kali ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kecelakaan dan kemacetan mewarnai arus mudik dan balik namun dari klaim pihak kepolisian jumlah kasus kejadian tahun ini meningkat namun jumlah korban jiwa menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari sejumlah kasus kecelakaan yang terjadi di musim mudik tahun ini, dari data kepolisian disampaikan kalau 41 % lebih kecelakaan disebabkan karena pengemudi atau pengendara mengalami kelelahan dan mengantuk, diikuti kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan tidak laik jalan sebanyak 18% yang lengkapnya bisa bro n sis lihat di grafik yang sudah MJ buat dari data yang disampaikan oleh Korlantas Polri pertanggal 12 Juli 2016.

Penyebab Kecelakaan

Lelah dan ngantuk tetap menjadi penyebab utama nih bro n sis yang padahal hal ini bisa diminimalisir jika pengendara atau pengemudi menyadari kalau dirinya lelah, karena perlu kita ketahui bersama ketika kita mengendara dalam kondisi lelah dan mengantuk maka mirip seperti kalau kita mengendara dalam kondisi mabuk dimana pengendalian kita terhadap kendaraan berkurang.

Rifat Sungkar, Direktur Rifat Drive Labs pernah berujar kalau idealnya sebuah perjalanan maksimal boleh ditempuh selama sepuluh jam saja dalam sehari, 10 jam tersebut sudah termasuk istirahat selama 10 – 15 menit setiap 2 jam perjalanan, maka kalau kita memaksakan berkendara lebih dari 10 jam bisa dijamin tubuh kita akan sangat lelah.

Disinilah pentingnya manajemen perjalanan seperti yang pernah disampaikan juga oleh Bro Mario Iroth, perjalanan itu untuk dinikmati termasuk disaat yang paling ekstrim sekalipun dengan merencanakan dan membuat berbagai macam skenario yang mungkin terjadi selama perjalanan untuk meyakinkan kita selamat sampai tujuan dan bisa kembali juga dengan selamat.

Lelah… Jangan Lupa Istirahat Bro n Sis…

Keep Safety Riding n Zero Accident

Iklan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: