Mengenal Apa Sih Sebenarnya E-Tilang????

0008321e-tilang780x390Bro n Sis… Sejak bulan kemarin polisi di beberapa daerah sudah menerapkan sistem baru dalam proses tilang yaitu e-tilang, apa sih sebenarnya e-tilang ini???

Setelah membaca dari berbagai sumber, e-Tilang ternyata merupakan jawaban dari keluhan masyarakat tentang pungutan liar yang sangat marak di tubuh Polri, sehingga kedepannya diharapkan adanya e-tilang maka praktek pungli bisa diminimalisir bahkan dihilangkan.

Meskipun masalah tilang ini sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009, namun dengan adanya inovasi terkait e-Tilang ini perlu dibuat payung hukum baru yang membahas mengenai e-tilang ini.

Lebih lanjut lagi dalam pelaksanaan di lapangan berkaitan dengan e-tilang ini, Kakorlantas Polri pun menginstruksikan agar seluruh Kapolres berkoordinasi dengan Criminal Justice System (CJS), pengadilan dan Kejaksaan untuk menentukan besaran sanksi tilang di tiap daerah.screen-shot-2016-11-01-at-2-46-36-pm

Lalu apa bedanya tilang yang biasa dengan e-tilang??

Dalam pelaksanaannya, dengan sistem tilang online ini, polisi nantinya akan menggunakan aplikasi untuk menilang, sehingga tidak lagi mencatat tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara di buku tilang.

Nah setelah dicatat jenis pelanggarannya, nantinya dari aplikasi e-tilang akan keluar besaran jumlah denda yang harus dibayarkan pelanggar. Setelah mengetahui besaran dendanya, pelanggar kemudian bisa membayar denda melalui SMS banking ataupun transfer melalui ATM.

So… tidak lagi ada titipan uang tilang lagi ke polisi yang biasanya suka dimanfaatkan sebagai ajang pungli, simplenya lagi kita tidak perlu datang lagi ke pengadilan seminggu kemudian untuk mengikuti proses sidang tilang.

Kontak Blog MenyusuriJalan

Iklan

1 thought on “Mengenal Apa Sih Sebenarnya E-Tilang????

  1. Ping balik: Bagaimana Cara Mengambil STNK/SIM Kalau Kena E-Tilang?? | Menyusuri Jalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s