Iklan
jump to navigation

Bagaimana Cara Mengambil STNK/SIM Kalau Kena E-Tilang?? Desember 3, 2016

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan.
Tags: , , , , ,
trackback

screen-shot-2016-11-01-at-2-46-36-pmBro n Sis… Beberapa waktu lalu MJ mengupload tulisan mengenai polisi sudah mulai memberlakukan e-tilang untuk meminimalisir proses pungli di tubuh kepolisian, karena seperti kita ketahui bersama kegiatan tilang ini sering digunakan oleh oknum polisi untuk melakukan aksi punglinya.

Lalu bagaimana proses pengambilan barang sita berupa SIM/STNK kendaraan yang ditahan karena terkena tilang???

Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto menjelaskan, saat pelanggar ditilang, polisi langsung memasukkan data pelanggaran dan data pelanggar ke program e-tilang. Setelah itu, polisi akan memberi tahu kepada pelanggar berapa denda yang harus mereka bayar.

Selanjutnya, pelanggar bisa membayar denda tersebut melalui Bank BRI yang sudah bekerja sama dengan kepolisian. Setelah membayar ke bank, struk pembayaran dibawa kembali kepada polisi. Setelah menunjukkan struk kepada petugas, SIM atau STNK yang ditahan bisa langsung diambil saat itu juga. Sedangkan di sistem e-tilang yang dimiliki polisi, bila pelanggar sudah membayar akan berubah warna, dari merah ke hijau, papar Agung.

Nantinya uang yang dibayarkan pelanggar ke Bank BRI langsung masuk ke kejaksaan dan pengadilan setempat sehingga tidak ada lagi praktik pungli oleh polisi kepada masyarakat. Proses pun akan lebih cepat dan mudah. Selain itu pelanggar tidak perlu lagi mengantre di pengadilan untuk sidang. Tentunya e-tilang jawaban dari keluhan masyarakat soal percaloan saat sidang silang dan juga memberi kemudahan jika terkena tilang di luar kota sehingga tidak perlu datang lagi ke kota tersebut untuk mengikuti proses sidang tilang.

Semoga pelaksanaan E-Tilang ini tidak dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan pungli dengan gaya yang baru.

Kontak Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - Desember 3, 2016

mantaaappp sudah saatnya

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: