Iklan
jump to navigation

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Perpanjang masa Berlaku SIM??? Agustus 20, 2017

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro n Sis… SIM alias Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu dokumen yang wajib dibawa oleh setiap pengguna kendaraan ketika dia sedang mengendarai kendaraannya, dan seperti kita ketahui SIM harus diperpanjang masa berlakunya setiap 5 tahun sekali.

Masa berlaku SIM adalah selama lima tahun dan akan habis tepat di tanggal kelahiran si pemilik SIM. Nah kalau sampai kadaluarsa atau masa berlakunya sudah habis maka si pemilik SIM sesuai Peraturan Kapolri Nomor 09 Tahun 2012 Pasal 28 ayat 3 tentang Perpanjangan SIM dan surat telegram ST/985/IV/2016 tanggal 20 April 2016 huruf BBB poin 3 bahwa untuk SIM yang telah lewat masa berlakunya walaupun satu hari tidak dapat diperpanjang dan harus membuat SIM baru.

Nah supaya tidak harus kembali membuat SIM baru karena harus melalui kembali proses ujian dan test praktek maka kita harus memperpanjang masa berlakunya sebelum habis yang biasanya 3 minggu sebelum waktu berlakunya habis.

Namun karena saat ini di beberapa daerah termasuk Kota Bandung material SIM ini masih kurang maka pelayanan perpanjang masa berlaku hanya dilayani bagi bro n sis yang masa berlakunya tinggal 1 hari alias H-1 atau tepat di hari masa berlakunya habis sesuai dengan pengumuman yang diberikan oleh Satpas SIM Polrestabes Bandung.

Selain pelayanan hanya dilayani bagi yang masa berlakunya tinggal 1 hari atau habis tepat di hari itu, Satpas Polrestabes Bandung juga tidak melayani perpanjangan masa berlaku SIM, khusus untuk perpanjangan masa berlaku SIM hanya dilayani di SIM keliling dan outlet SIM yang ada di mall-mall.

Waduh harus pasang alarm dengan baik nih bro n sis… kalau kalau sampai lewat nanti malah harus ikut ujian lagi yang prosesnya cukup menyita waktu. Coba cek kembali dompet bro n sis jangan sampai SIM bro n sis kadaluarsa.

Blog MenyusuriJalan

 

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: