Iklan
jump to navigation

Tips #Cari_Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan dari Honda Oktober 12, 2017

Posted by Menyusuri Jalan in Tips.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro n Sis… Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya selain pengendara sendiri, salah satu faktornya adalah faktor lingkungan. Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, hujan dan faktor cuaca lainnya.

Nah saat ini hampir di setiap daerah di Indonesia sedang diguyur hujan, tentu dengan turunnya hujan seperti saat ini, perlu beberapa penyesuaian dilakukan dalam berkendara sepeda motor agar kita bisa selalu aman ketika di jalan raya.

Dalam diskusi sederhana dengan Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora, beliau memberikan beberapa tips bagaimana #Cari_aman berkendara saat hujan.

Saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, pengendara disarankan untuk mempersiapkan jas hujan. Adapun jenis jas hujan untuk pengendara sepeda motor yang baik adalah jenis baju celana dan tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco. Selain itu, hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi.

Mengapa kita perlu menghindari genangan air? karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan membuat sepeda motor kita terpeleset dan jatuh saat melintasi genangan air tersebut.

Jika menemukan jalan yang dilalui tergenang air disarankan untuk tidak langsung melewatinya. Tindakan yang harus dilakukan yakni berhenti terlebih dahulu untuk melihat dan mengukur perkiraan kedalaman air yang tergenang tersebut. Bila ketinggian air tidak melebihi ujung lubang knalpot sepeda motor dan arusnya lambat maka jalan terlebut relatif aman untuk dilalui.

Ketika melewati genangan air, pertahankan laju sepeda motor pada kecepatan rendah secara konstan, khusus untuk motor type sport dan cub gunakan gigi rendah. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar sepeda motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewati genangan air.

Selanjutnya, selalu seimbangkan sepeda motor, dalam genangan air kemungkinan besar laju sepeda motor akan terhambat bahkan akan sedikit terseret/goyah saat melewati genangan air.

“Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan,” pungkas Asep.

Itu dia bro n sis beberapa tips yang perlu bro n sis perhatikan ketika kita akan melaju saat kondisi hujan.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: