Iklan
jump to navigation

Ini Dia 9 Poin Peraturan Baru tentang Taksi Online Berlaku 1 Nopember 2017 Oktober 20, 2017

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan.
Tags: , , ,
trackback

Bro n Sis… Hari Kamis kemarin (19/10) Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI mengumumkan aturan baru soal taksi online, aturan ini merupakan revisi dari Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek alias taksi online.

Setelah pada bulan Agustus lalu Mahkamah Agung mencabut 14 pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan tentang Transportasi Online itu karena bertentangan dengan UU Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta UU LLAJ, Kemenhub mengumumkan peraturan baru dengan menekankan 9 poin yang patut diperhatikan penyedia taksi online jika ingin beroperasi.

Ke-9 poin tersebut adalah:

  1. argometer,
  2. tarif,
  3. wilayah operasi,
  4. kuota/perencanaan kebutuhan,
  5. persyaratan minimal 5 kendaraan,
  6. bukti kepemilikan kendaraan bermotor
  7. domisili tanda nomor kendaraan bermotor,
  8. sertifikat registrasi uji tipe (SRUT),
  9. peran aplikator.

Menurut Kemenhub, Penetapan tarif Angkutan Sewa Khusus dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pengguna jasa dan penyedia jasa transportasi dengan berpedoman pada tarif batas atas dan tarif batas bawah. Adapun, Tarif batas atas dan tarif batas bawah ditetapkan oleh Direktur Jenderal atas usulan dari Kepala BPTJ/Gubernur.

Aturan baru ini juga menetapkan tentang adanya Wilayah operasi Angkutan Sewa Khusus, yang kembali ditetapkan oleh Direktur Jenderal/Kepala BPTJ/Gubernur.

Selain itu, dalam aturan tersebut, Kemenhub juga mewajibkan setiap Kendaraan dilengkapi dengan tanda khusus berupa stiker yang ditempatkan di kaca depan kanan atas dan belakang serta di kanan dan kiri badan kendaraan dengan memuat informasi wilayah operasi, jangka waktu berlaku izin, nama badan hukum, dan latar belakang logo Perhubungan.

Yang paling penting adalah, ditetapkan pula kewajiban para pengusaha online mempekerjakan pengemudi yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Umum sesuai dengan golongannya dengan kata lain supir Taksi Online harus memiliki SIM A Umum.

Peraturan Menteri ini akan diberlakukan efektif mulai tanggal 1 Nopember 2017 bro n sis.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: