Iklan
jump to navigation

MotoGP: Melihat lebih Dekat Spesifikasi Rem Cakram MotoGP Januari 3, 2018

Posted by Menyusuri Jalan in Balap.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Bro n Sis…. Salah satu hal yang bisa membuat balapan motor seru selain dari akselerasi motor dan skill pembalap bagian yang penting adalah motor dapat di rem, secepat apapun motor kalau tidak memiliki rem dijamin para pembalap MotoGP akan enggan untuk menggunakannnya.

Brembo yang didaulat menjadi penyedia komponen pengereman untuk balapan MotoGP terus memberikan inovasi agar pengereman motor para pembalap bisa maksimal, sejak tahun 1980 hingga sekarang cakram rem sudah mengalami evolusi dari yang asalnya terbuat dari alumunium, kini menggunakan bahan karbon.

Dan yang baru MJ sadari bro n sis ternyata bro n sis saat ini terdapat dua ukuran cakram yang biasa digunakan yaitu 320 mm dan 340 mm yang masing-masing ukuran memiliki dua tipe yaitu yang standar mass dan yang high mass dengan beratnya mulai dari 850 gram hingga 1200 gram atau 0,85 kg s.d 1,2 kg dimana untuk yang high lebih berat karena luas permukaannya lebih besar dibanding yang standar.

Perbedaan ukuran ini ternyata berkaitan dengan percepatan pelepasan panas karena seperti kita ketahui bersama bro n sis rem cakram yang digunakan di arena balap motogp dapat bekerja maksimal di kisaran suhu 200 derajat celcius sampai dengan 800 derajat celcius, diluar rentang itu maka kinerjanya kurang maksimal.

Selain cakram, brake pad alias kampas rem yang digunakan untuk motor MotoGP tidak sama dengan motor lainnya juga, bahannya terbuat dari bahan karbon juga sehingga bisa lebih ringan dibandingkan bahan yang biasa dipakai untuk motor jalanan, beratnya kanvas rem yang digunakan adalah 50 gram atau lebih ringan 60 persen ketimbang kampas pada motor umum yang mencapai 125 gram. 

Namun meskipun dibuat sebagus mungkin dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, ternyata terdapat kekurangan yang dimiliki oleh cakram karbon dan kanvas rem yang digunakan dalam balapan motogp yaitu usia pakainya yang sedikit dimana jika untuk motor biasa cakram bisa dibunakan hingga diatas 50.000 km namun cakram karbon untuk motogp kekuatannya hanya 1000 km saja.

Sedangkan untuk kanvas remnya, jika untuk motor biasa bisa digunakan hingga 9000 km, maka untuk kanvas rem motogp hanya bisa dipakai sejauh 900 km saja.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

1. yuuoto - April 3, 2018

buset bisa sampe 800 derajat
pantes mahal bgt harga nya

Curtiss V-8.. Saat Sepeda Motor Jadi kendaraan Darat Tercepat di Muka Bumi
https://yuuoto.wordpress.com/2018/04/01/curtiss-v-8-saat-motor-jadi-kendaraan-tercepat-di-muka-bumi/

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: