Iklan
jump to navigation

Ingat…. Sejak 2009 Belok Kiri Itu Tidak Boleh Langsung, Kecuali…… Januari 24, 2018

Posted by Menyusuri Jalan in Peraturan.
Tags: , , ,
trackback

Bro n Sis…. Divisi Humas Mabes Polri kembali mensosialisasikan tentang peraturan-peraturan yang ada di jalan raya yang kali ini berkaitan dengan kebiasaan belok kiri yang selalu langsung.

Via akun instagramnya, Divisi Humas Mabes Polri mengingatkan bahwa sekarang sudah tidak boleh belok kiri secara langsung.

Bagi pengendara motor atau mobil mulai sekarang tidak langsung belok kiri ketika melewati persimpangan, lihat terlebih dahulu ada rambu atau imbauan untuk langsung atau harus berhenti menunggu lampu hijau menyala. .
Namun, sekarang pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai Pasal 112 ayat 3 berbunyi pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung belok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.
.
Dahulu PP Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 ayat 3 yang berbunyi “Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri”.
Bagi mitra humas yang sedang berkendara diimbau untuk selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada yaaa

Namun bro n sis sudah hampir 9 tahun undang-undang itu diberlakukan bahkan 8 tahun yang lalu MJ pernah membuat tulisan yang serupa hingga saat ini masih banyak pengendara kendaraan pengguna jalan raya yang masih belum tahu atau cuek dengan peraturan ini.

Baca Juga:

Belok Kiri JANGAN langsung

Bahkan beberapa kali di beberapa persimpangan MJ pribadi pernah kena semprot pengendara di belakang MJ yang memaksa untuk belok kiri langsung padahal di alat pemberi isyarat tidak ada himbauan bahwa belok kiri boleh langsung.

Tampaknya ada Pekerjaan Rumah bagi Polisi maupun dishub untuk terus mensosialisasikan peraturan ini baik berupa pengumuman di media sosial dan yang paling penting sosialisasi di jalan raya serta dengan kembali menempelkan papan pemberitahuan kalau belok kiri itu tidak boleh langsung kecuali ada isyarat lain.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

1. andhi_125 - Januari 24, 2018

nunut mesem boleh kang? :mrgreen:

Suka

Menyusuri Jalan - Januari 24, 2018

Mangga silakan…. Mau sambil jungkir balik juga boleh… Wkwkwkw

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: