Iklan
jump to navigation

Seba Baduy, Ribuan Warga Baduy Turun Gunung bakal “Serbu” Gubernur Banten Akhir Pekan Ini April 17, 2018

Posted by Menyusuri Jalan in Wisata.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro n Sis… Sudah ada rencanakah akhir pekan ini??? Jika belum ayo merapat ke Banten karena Ribuan warga Suku Baduy Dalam dan Luar bakal turun gunung membanjiri Kota Serang, Banten pada 21 April mendatang.

Seba Baduy atau tradisi warga Baduy mendatangi Bapak Gede (kepala daerah) dengan berjalan kaki ratusan kilometer bakal dilakukan akhir pekan ini dimana ribuan warga baik dari suku Baduy Dalam maupun Baduy akan berangkat dari Kanekes, Lebak.

Rencananya, ritual perjalanan ini akan menemui 3 bupati dan Gubernur Banten. Pertama, warga Baduy akan mendatangi Bupati Lebak. Di sana nanti akan ada pertemuan atau dalam bahasa Baduy disebut Seba.

Setelah itu, mereka akan ke Kabupaten Pandeglang dan langsung dilanjutkan ke ibu kota provinsi di Serang. Malam puncak Seba akan dilakukan di gedung Pendopo Gubernur Banten.

Buat bro n sis yang ingin mengikuti acaranya berikut ini MJ berbagi jadwal Seba Baduy:

  • 20 April pagi – malam d Kab.  Lebak.  di awali penyambutan kedatangan masyarakat Baduy dan malam prosesi Seba Bupati  Lebak
  • 21 April pagi – Kab. Pandeglang, Seba Bupati Pandeglang
  • 21 April di Kota Serang & Provinsi Banten Pukul 13.00 – 17.30 Arak2an Masyarakat Baduy dan Gebyar Exciting Banten Pukul 19.30 – 22.00  prosesi Seba Gubernur Banten d Musium Negeri Provinsi Banten
  • 22 April pagi – Kab. Serang, Seba Bupati Serang

Ini adalah acara yang sangat luar biasa bro n sis karena Masyarakat Baduy sudah melakukan kegiatan sejak ratusan tahun lalu secara konsisten. Prosesi Seba Baduy selalu menarik. Dari tempat tinggal mereka di Luewidamar, Bumi Kanekes, masyarakat Baduy berjalan kaki membawa hasil bumi. Mereka menyusuri persawahan, naik turun gunung, keluar masuk hutan dan kampung.

Tujuannya yaitu Ibu Kota Provinsi Banten. Jarak tempuhnya sekitar 115 kilometer. Itu merupakan perjalanan spiritual suku adat Baduy. Sebagai penutup ritual Kawalu. Yaitu ritual berpuasa selama tiga bulan.

Seba Baduy selalu di tunggu oleh  ribuan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri, serta menjadi  surga bagi para fotografer untuk mengabadikan dan menikmati moment terbaik pada Acara Seba Baduy mendatang.

So kalau bro n sis belum ada agenda akhir pekan ini, Acara Seba Baduy bisa jadi salah satu acara yang tepat untuk mengisi akhir pekan ini karena dalam menyambut warga Suku Baduy juga akan digelar berbagai pertunjukan seni budaya mulai dari tari-tarian, wayang golek dan pemutaran film pariwisata/hiburan dihadirkan.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

1. Emang - April 18, 2018

Sesepuh orang sunda,lestarikan budaya dan seni tradisi sunda yang besar

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: