Iklan
jump to navigation

Jalan-Jalan Kuliner: Menikmati Sedapnya Mie Belitong di Rumah Adat Belitung Desember 16, 2018

Posted by Menyusuri Jalan in Wisata.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro n Sis… Lama nih tidak bahas kuliner, kali ini di postingan spesial hari minggu MJ akan berbagi info kuliner khas ketika MJ mendapatkan kesempatan jalan-jalan ke Pulau Belitung.

Beberapa waktu lalu MJ berkesempatan untuk bisa mengunjungi salah satu pulau di Indonesia yang sangat Indah terkenal dengan sebutan pulau Laskar Pelangi… Yup…. Pulau Belitung, dan tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke suatu tempat tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Kuliner yang cukup terkenal dan wajib bro n sis cicipi adalah Mie Belitong, makanan yang satu ini hampir bisa bro n sis temui hampir di setiap tempat di Belitong namun orang sekitar lebih sering menyebutnya dengan sebutan Mie Rebus.

Tour Guide MJ selama di Belitung

MJ bersama rombongan diajak oleh Tour Guide MJ saat itu yang kalau tidak salah bernama Putri Lestari yang merupakan salah satu siswi dari salah satu SMK pariwisata di pulau Belitung ke rumah adat Belitung untuk mengenal lebih jauh mengenai adat istiadat Belitung sekaligus menikmati kuliner Mie Belitong plus es jeruk kunci.

Tanpa menunggu waktu yang lama, Mie Belitung pun datang, dilihat sekilas mirip dengan Mie nyemek khas masakan jawa yang terbuat dari mie kuning, bedanya dengan mie di Jawa, Mie belitung ini disajikan dengan kuah udang ditambah potongan kentang rebus, udang, irisan timun, serta taburan emping di atasnya.

Mie ini sangat enak jika dinikmati dalam kondisi yang panas dengan kuah yang cukup kental Mie yang dialasi oleh daun Simpor ini sungguh menggugah selera ditambah sedikit kecap dan sambal membuat Mie belitung akan semakin mantap.

Setelah dicicipi dan sambil bertanya kepada de Putri yang setia menemani MJ (hahahahah) menurut siswi yang memiliki cita-cita bisa melanjutkan pendidikan ke Bandung ini katanya kuah mie Belitung terbuat dari kaldu udang yang diramu dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan jahe, pantas saja ketika setelah memakan Mie Belitung ini tenggorokan MJ terasa hangat.

Selepas menikmati Mie Belitung, tidak lengkap rasanya klo tidak meminum juga minuman khas pulau Belitung yaitu Es Jeruk Kunci yang sangat segar dinikmati karena udara di Pulau Belitung cukup hangat jika dibandingkan dengan di Bandung… hehehehe

Oh iya, Maaf tidak banyak dokumentasi saat MJ sedang berkuliner di Rumah Adat Belitung karena masih sedikit jetleg.. namun MJ ada sedikit video yang membuat MJ ingin kembali lagi ke Belitung karena ingat akan indahnya objek wisata di Pulau Belitung.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: