jump to navigation

Bertemu Bikers “Lintas Negara” di Jalanan Subang Desember 25, 2018

Posted by Menyusuri Jalan in Modifikasi.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro n Sis… Ketika jalan-jalan sore di salah satu ruas jalan di Subang MJ menemukan sebuah penampakan seorang bikers “Lintas Negara” sedang melakukan perjalanan melintasi Indonesia.

Bukan seorang biker negeri gajah putih yang sedang melakukan perjalanan touring antar negara sih sebenarnya, namun seorang bikers Indonesia yang sedang mengendarai motornya yang sudah di modif dengan Thailook Style sakin totalnya juga menggunakan plat nomor di bagian belakang dengan tulisan Thailand dan ketika MJ coba salip di bagian depan sama sekali tidak ada plat nomornya.

Modifikasi memang hak setiap orang, betul ngga bro n sis… mau dimodifikasi motor seperti apapun selama sang oemilik memiliki uang untuk membiayai modifikasinya maka tidak ada salahnya.

Namun ketika sepeda motornya hendak dibawa ke jalan raya maka perlu diingat di jalan raya pun ada peraturan yang harus kita ikuti bersama dan setiap kendaraan yang digunakan di jalan raya harus mengikuti setiap peraturan yang sudah dibuat.

Nah buat bro n sis yang suka akan modifikasi dan ingin menggunakan motor modifikasinya dalam kegiatan sehari-hari di jalan raya jangan lupa bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Yakinkan kendaraan kita hasil modifikasi tidak mengancam diri kita sendiri dan orang lain, mengancam dalam artian bisa membahayakan nyawa atau mengganggu kenyamanan yang nantinya malah bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Berkaitan dengan plat nomor sendiri nih bro n sis… seandainya bro n sis ingin total dalam modifikasi boleh saja sampai menggunakan plat nomor dengan tulisan Thailand namun kembali diingat salah satu pasal dalam UU No 22 tahun 2009 yaitu:

Pasal 68 

(1) Setiap Kendaraan Bermotor  yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. 
(2) Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan Bermotor, dan masa berlaku.
(3) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku. 
(4) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

Bagaimana nih menurut bro n sis… jelas kan, modifikasi boleh saja namun jangan lupa peraturan yang berlaku, So jangan salahkan juga Polisi jika nantinya kendaraan bro n sis hasil modifikasi dengan menggunakan plat nomor dengan tulisan Thailand sampai disita, karena sudah jelas-jelas melanggar undang-undang yang berlaku.

Blog MenyusuriJalan

Komentar»

1. warungasep - Desember 25, 2018

Kuduna ku mang Nde nyieun artikel ieu mah 🤣🤣

Suka

2. Mase - Desember 26, 2018

Wakakakak

Suka


Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: