Menengok Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 yang Melarang Merokok Bagi Pengemudi Sepeda Motor

Bro n Sis… Baru-baru ini ramai dibicarakan tentang telah terbitnya peraturan menteri perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 yang di dalamnya terdapat larangan merokok bagi pengemudi sepeda motor.

Jika dikutip sebagian peraturan ini tertulis jelas dalam pasal 6 huruf C yang mengatakan, “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor”.

Nah tentu peraturan ini sedikit membuat para pengendara yang biasa merokok ketika mengendarai sepeda motor menjadi sedikit panik karena dendanya tidak macam-macam yaitu mencapai 750 ribu bro n sis…

Merokok memang salah satu aktifitas yang cukup mengganggu ketika dilakukan di jalan raya, selain mengganggu konsentrasi karena pengendara sepeda motor terpaksa harus memegang kemudi dengan satu tangan, abu rokok yang beterbangan bisa menganggu pengendara di belakangnya.

Meski bukan ahli hukum dan tolong koreksi MJ kalau salah setelah membaca Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Ternyata peraturan menteri ini mengatur soal ketentuan operasional ojek online dan tarif, namun di dalamnya terdapat pasal yang menyebutkan bahwa pengemudi dilarang merokok saat mengendarai sepeda motor.

Nah jadi jika sekilas dibaca oleh MJ yang tidak tahu lebih dalam tentang peraturan perundang-undangan, peraturan menteri ini melarang pengemudi (ojeg) baik online maupun pangkalan untuk tidak merokok ketika sedang membawa sepeda motor.

Bagaimana nih menurut pendapat bro n sis mengenai Permenhub No. 12 Tahun 2019 ini apakah untuk pengemudi sepeda motor secara umum atau hanya untuk pengemudi ojeg saja???

Buat yang penasaran mengenai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat bisa melihatnya di sini.

Blog MenyusuriJalan

1 thought on “Menengok Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 yang Melarang Merokok Bagi Pengemudi Sepeda Motor

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s