Ingin Pakai Motor Di Kampung Halaman Saat Mudik, Ikuti Saja Mudik Motor Gratis dari PT. KAI

Bro n Sis… Kegiatan Mudik sudah semakin dekat tentu banyak diantara bro n sis yang sudah merencanakan seperti apa perjalanan mudik nanti, berbagai moda transportasi disiapkan salah satunya adalah sepeda motor.

Sepeda Motor merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak diminati karena biaya perjalanan terbilang murah namun perlu diingat resiko yang ditimbulkan cukup tinggi bro n sis…

Nah untuk meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis). Pemberangkatan akan dilakukan mulai 27 mei sampai dengan 2 juni untuk arus mudik dan arus balik dibuka mulai 8 sampai 13 Juni 2019 mendatang.

Tujuan pemberangkatan dibagi menjadi 3 jalur bro n sis… yaitu

  • Lintas Utara : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.
  • Lintas Selatan 1 : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Banjar, Stasiun Sidareja, Stasiun Maos, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.
  • Lintas Selatan 2 : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang, Stasiun Cirebon Prujakan, Sta Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, Stasiun Blitar.

Untuk pendaftarannya sendiri sudah dibuka tanggal 12 Maret kemarin bro n sis… Bro n sis yang minat bisa datang langsung ke Statsiun yang dilewati atau bisa melakukan secara online karena pendaftaran nanti akan ditutup kalau kuota sudah terpenuhi.

Sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Kemenhub, program motis ini akan menangkut sebanyak 1.392 motor setiap harinya. Artinya selama masa mudik dan arus balik PT. KAI akan mengangkut kurang lebih 18 ribu sepeda motor.

Persyaratan Pendaftaran Motis 

  1. Satu pendaftar harus memiliki SIM C dan hanya dapat mendaftarkan satu unit motor, dan dapat difasilitasi pembelian tiket KA (selama alokasi masih tersedia) untuk 3 orang dewasa.
  2. Semua Peserta Motis 2019 dengan moda KA, harus mendaftarkan diri secara online melalui web mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di Rumah atau di Stasiun yang ditunjuk.
  3. Bagi para peserta yang sudah mendaftar secara online, apabila dalam waktu 3 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang di lokasi yang ditunjuk*), maka data yang didaftarkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tidak dapat digunakan kembali.
  4. Pemberangkatan sepeda motor, 1 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Motis 2019 yang terdapat di tiket yang dimiliki/dibeli oleh Peserta Motis. Untuk motor yang transit, 2 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan yang terdapat di tiket yang dimiliki/dibeli oleh Peserta Motis
  5. Tiket yang dimiliki Peserta Motis, bisa berupa tiket KA, tiket Bus, ataupun tiket Travel
  6. Untuk bisa mendaftar Motis, harus bisa menunjukkan tiket KA/Bus/Travel atas nama Peserta Motis 2019. Tanpa menunjukkan bukti tiket tersebut, peserta tidak bisa mendaftar motis 2019.
  7. Bagi calon Peserta Motis 2019 yang mendaftar lebih awal akan dibantu oleh panitia untuk pembelian tiket KA kelas ekonomi sepanjang persediaan tiket KA yang dialokasikan oleh PT KAI (Persero) masih tersedia.
  8. Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang dan untuk sepeda motor yang transit diserahkan H-2 atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang
  9. Sepeda motor diserahkan langsung ke Stasiun yang ditunjuk pukul 08.00 – 17.00 WIB.
  10. Pada saat pendaftaran dan penyerahan motor wajib menunjukkan KTP asli pendaftar, Kartu Keluarga Asli, STNK Asli (Nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP) dan menandatangani bukti pengiriman. Tangki BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri oleh Peserta.
  11. Helm dibawa oleh masing-masing peserta, dan tidak dapat dikirimkan bersama motor.
  12. Pengambilan sepeda motor di Stasiun tujuan akan dikenakan biaya parkir oleh PT Reska. Apabila terjadi kehilangan yang disebabkan oleh keterlambatan pengambilan sepeda motor, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing peserta.
  13. Bagi peserta yang tidak menyerahkan motor, maka bukti pendaftaran ini dianggap hangus dan tidak berlaku serta bukti pembelian tiket penumpang tidak dapat diuangkan ataupun diubah menjadi nama lain.
  14. Para Peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.

Tunggu apalagi bro n sis… Ayo segera daftar biar bisa pakai motor bro n sis di kampung halaman nanti tanpa resiko tinggi di jalan raya akibat kelelahan selama perjalanan.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s