Sering Lakukan Perjalanan Jauh, Perhatikan 4 Hal Berikut ini!!!

Bro n Sis…. Motor merupakan salah satu pilihan transportasi yang digunakan oleh para bikers baik untuk melakukan aktifitas maupun sebagai sarana menyalurkan hobinya.

Kadang kala kita harus melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, perjalanan jauh ini bisa dibilang membuat motor harus bekerja ekstra sehingga selepas melakukan perjalanan tentunya perlu mendapatkan perawatan ekstra juga.

Setidaknya ada 4 hal yang perlu bro n sis perhatikan jika bro n sis sudah melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

1. Oli Mesin
Salah satu komponen penting sepeda motor adalah oli mesin. Oli yang berfungsi sebagai pelumas di dalam mesin dan menjaga kondisi mesin tetap berada dalam suhu yang stabil merupakan komponen yang harus diganti selepas melakukan perjalanan jauh.

Penggantian oli secara berkala dilakukan setiap 2.000 Km. Namun selepas perjalanan jauh yang menuntut motor untuk bekerja terus menerus tidak ada salahnya bro n sis mengganti oli selepas melakukan perjalanan jauh meskipun belum mencapai angka 2000 km.

2. Kopling dan Rem
Komponen kopling dan rem termasuk ke dalam kategori yang harus diutamakan kondisinya ketika sebelum dan setelah melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi dengan kondisi jalanan yang macet biasanya akan membuat kampas rem dan kopling jadi menipis.

Ingat bro n sis salah satu komponen yang bisa mengendalikan kecepatan sepeda motor di jalan raya adalah rem. Semakin prima kondisi rem maka semakin nyaman juga kita berada di jalan raya.

3. Pemeriksaan CVT
Dari berbagai type sepeda motor yang ada saat ini, sepeda motor matic merupakan sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat. Pada bagian motor ini ada bagian yang tidak kalah penting pada motor type matic yaitu Continuosly Variable Transmission (CVT). Transmisi ini sering disebut transmisi otomatis, bagian ini wajib dilakukan pemeriksaan pasca melakukan perjalanan jauh.

Untuk yang menggunakan motor yang perpindahan tenaganya masih menggunakan rantai maka periksa juga kondisi ratai, jika sedikit longgar lebih baik kembali dilakukan penyetelan dan kalau sudah mulai aus harap segera diganti.

4. Lakukan perawatan Secara Berkala di Bengkel

Untuk lebih memaksimalkan performa sepeda motor maka sebaiknya lakukanlah servis rutin untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

Bengkel resmi biasanya menjadi salah satu pilihan bagi bro n sis yang terbiasa mempercayakan kondisi motornya kepada bengkel resmi. Namun bagi bro n sis yang sudah memiliki bengkel langganan, bawalah motor bro n sis ke bengkel langganan untuk mendapatkan service agar motor kita bisa tetap optimal performanya setelah menempuh perjalanan jauh.

Pada saat servis maka semua kondisi komponen didalamnya akan diperiksa seperti busi, setelan katup, saringan udara, rantai roda (CVT) dan komponen lainnya. Lakukanlah penggantian jika memang ada komponen yang harus diganti dengan menggunakan suku cadang yang berkualitas.

Blog MenyusuriJalan

Iklan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s