5 Tips Aman Liburan Pakai Kendaraan Pribadi

Bro n sis… jika Bro n sis punya rencana untuk melakukan road trip atau liburan menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya mempersiapkan bukan hanya soal kenyamanan dalam berkendara tetapi juga mengutamakan keselamatan berkendara.

Alasannya sederhana saja bro n sis karena kendaraan pribadi akan menjadi “rumah” selama dalam perjalanan dengan jarak dan periode yang cukup panjang. Misalnya jika tujuan Bro n sis dari Bandung ingin jalan-jalan ke Yogyakarta dengan mobil pribadi, tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. 

Nah, berikut ini ada sejumlah tips aman liburan pakai kendaraan pribadi agar perjalanan aman serta membuat liburan bro n sis terasa lebih menyenangkan.

1. Siapkan kondisi fisik kendaraan

Jika tidak ingin mendapatkan masalah saat dalam perjalanan, hal wajib yang pertama dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik kendaraan serta melakukan service di bengkel resmi. Mengganti oli mesin sudah menjadi panduan yang wajib dilakukan apalagi jika mobil ingin melakukan perjalanan jauh selama beberapa hari.

Selain itu, pastikan juga kondisi ban prima. Hal tersebut sangat penting mengingat medan jalan di satu kota dengan kota lainnya berbeda-beda misalnya di daerah Jawa Barat lebih banyak didominasi dengan jalur pegunungan sehingga butuh ban yang mencengkram dengan kuat. Berbeda juga dengan daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang cenderung punya banyak track lurus.

Agar nyaman dalam perjalanan, cek juga kondisi mesin pendingin atau AC. Poin ini sangat penting dan jadi prioritas jika membawa serta keluarga terutama jika membawa anak-anak agar mereka tetap merasa nyaman saat berada di perjalanan. 

2. Pastikan tidur cukup sehari sebelum berkendara jauh

Jika sudah berencana mengendarai mobil sendiri tanpa supir, pastikan juga menyiapkan kondisi fisik agar bugar dan prima saat mengendarai kendaraan dalam jarak jauh. Lakukan olahraga ringan setidaknya seminggu sebelum keberangkatan secara rutin.

Olahraga yang bisa dilakukan misalnya jogging selama 30 menit per hari, berenang, bersepeda dan olahraga ringan lainnya yang tidak memerlukan waktu cukup lama serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus terhalang karena tetap bekerja. Misalnya sepulang kantor tetap bisa diusahakan jogging di sekitar kantor atau di rumah. 

3. Gunakan car seat khusus jika membawa serta anak di bawah umur

Demi keamanan berkendara bagi anak-anak, baiknya menggunakan car seat khusus apalagi saat tertentu anak-anak butuh istirahat di kendaraan sehingga posisi tubuh mereka pun tetap nyaman meski harus tidur dalam posisi duduk.

4. Bawa barang wajib dalam kondisi darurat

Buatlah daftar barang bawaan wajib yang diperlukan terutama dalam kondisi darurat. Hal tersebut penting dilakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat sehingga pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan, sudah disiapkan barang-barangnya. Dengan begitu tidak repot lagi harus mencari-cari dalam kondisi yang mungkin tidak akan memungkinkan saat berada di perjalanan.

Apa saja barang-barang tersebut? Contohnya seperti senter, air radiator cadangan, selimut, kabel jumper, peralatan untuk mengganti ban jika kempis di jalan, power bank serta charger smartphone di kendaraan, dan paling penting jangan lupa membawa kotak P3K.

5. Lakukan perencanaan mulai dari jalur hingga waktu istirahat

Buatlah perencanaan seperti tempat-tempat yang akan dikunjungi dan tempat-tempat yang cocok untuk dijadikan tempat istirahat. Setidaknya pengemudi harus istirahat antara 2-3 jam setelah berkendara.

Dengan adanya perencanaan tersebut, biosa dipastikan Bro n Sis jadi bisa lebih menikmati perjalanan tanpa khawatir ketika mengunjungi tempat wisata yang memang sudah direncanakan ingin dikunjungi. Jika tempat wisata ternyata sangat jauh, baiknya gunakan transportasi yang lebih nyaman seperti kereta atau pesawat terbang.

Soal transportasi di tempat tujuan bukan lagi jadi masalah. Kini, Bro n sis bisa mencari tempat sewa rental mobil dengan mudah. Bro n Sis juga bisa memilih mengendarai mobil sewaan sendiri atau sudah termasuk supirnya sehingga bro n sis bisa lebih leluasa liburan dan tidak mudah lelah karena harus mengemudi. 

Untuk kemudahan tersebut Bro n Sis bisa cek halaman https://www.trac.astra.co.id/ untuk mendapatkan informasi lengkap tentang lokasi, jenis kendaraan yang dibutuhkan dan berbagai layanan lainnya saat membutuhkan transportasi di lokasi tempat wisata di kota-kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Surabaya hingga Bali.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s