Wheel Story Season 6: Jelajahi Rute Carretera Austral – Chile

Bro n Sis….. Setelah Mario dengan Honda Africa Twinnya keluar dari Rute legendaris Patagonia dan kembali menuju Chile dengan melewati perbatasa Los Cipreses Argentina, Mario kemudian melewati jalanan gravel sepanjang 70 Km menuju perbatasan dengan konsentrasi terbagi.

Konsentrasi Mario selain harus fokus di jalanan gravel, disekeliling jalan pemandangan sangat menggoda berupa pemandangan gunung dan sungai yang sangat keren.

Melewati imigrasi dan custom di kedua negara ini lancar jaya, namun lagi–lagi jalanan gravel kembali harus Mario lewati di bagian Chile sejauh 77 km sampai jalan ini terkoneksi dengan Ruta 7, jalan raya sepanjang 1240 Km dari Puerto Montt ke Villa O’Higgins arah selatan. Hanya saja Mario tidak menyusuri jalanan ini sepenuhnya karena kemudian Mario harus belok ke jalur 40 Patagonia Argentina terlebih dahulu.

Rute 7 Carretera Austral ini Mario awali dari Villa Santa Lucia dan mengarah ke selatan hingga Puerto Ibáñez. Jalur ini sangat terkenal dikalangan traveller khususnya yang suka hiking, campervan sampai motoran seperti Mario.

Pemandangan sepanjang perjalanan sungguh membawa kita terlena. Pegunungan dengan puncak tertutup es berbaris rapi diantara hutan yang hijau dan gelap. Desa-desa kecil dan danaunya yang bersih serta sungai yang jernih bisa dinikmati sepanjang jalur ini. Sepanjang jalur ini akan jarang kita temui pom bensin namun sekalinya ada harganya akan lebih mahal dari kota besar di bagian utara Chile. Bahan bakar di daerah ini memang akan sangat mahal mengingat semakin ke selatan semakin besar biaya transportnya.

Tapi kalau kita bisa lain halnya dengan makanan, ketika bertemu dengan restoran di desa kecil yang Mario lewati, menu Salmon dan daging steak-nya sangan rekomenden karena harganya masih bersahabat namun rasanya nikmat banget.

Di rute ini terdapat satu jalur dimana Mario melewati banyak hairpin di jalanan menanjak dan bebatuan lepas diantara hutan lebat dan waktu itu hujan dengan teperatur dibawah 15 derajat celcius dan pas sampai puncaknya terbayar dengan pemandangan air terjun dari lelehan es di puncak gunung. Beberapa area di jalur ini masih belum sepenuhnya aspal, ada puluhan kilometer gravel yang membuat kecepatan mario melambat dan akhirnya diputuskan untuk kemping di campsite ‘Refugio Rio Cisnes’.

Hari berikutnya Mario kembali harus terus riding ke arah selatan, tak lama mengikuti rute 7 ini Mario kemudian berbelok ke arah jalur X-65 setelah melewati Taman Nasional Cerro Castillo yang keren. Dalam perjalanan  menuju Puerto Ibáñez terlihat gunung Cordillera Castillo yang megah. Rute Carretera Austral menjadi pengalaman riding yang luar biasa. Selanjutnya dari sini Mario akan menyebrang naik ferry melewati danau Buenos Aires ke Chile Chico.

Ini dia Bro n Sis beberapa foto di hari ke 13 – 15 Mario di Benua Amerika yang sudah menempuh perjalanan sejauh 2.356 km.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s