Jangan Mau Diganggu, Kenali Penyebab Aki Mudah Menjadi Tekor

Bro n Sis… Aki menjadi salah satu komponen yang sangat penting terutama mobil maupun untuk sepeda motor matik yang saat ini rata-rata sudah tidak dilengkapi pedal starter. Sehingga ketika terjadi masalah pada aki tentu akan membuat kita menjadi repot.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan aki menjadi tekor yaitu :

Selain karena rusaknya alternator rusak sebagai pemasok listrik agar bisa disimpan di aki, terdapat beberapa hal juga yang bisa menyebabkan aki menjadi tekor yang jika dibiarkan akan menjadi masalah serius nantinya.

Kendaraan Jarang Digunakan

Salah satu penyebab aki menjadi tekor adalah karena kendaraan yang kita miliki jarang digunakan seperti di saat pendemi saat ini dimana banyak yang melakukan aktifitas bekerja dari rumah sehingga mobil atau motor lebih sering berdiam di garasi dibandingkan dibawa ke jalan raya.

Sebenarnya kondisi tersebut tidak terlalu bermasalah, namun yang kurang tepat adalah ketika bro n sis mendiamkan kendaraannya terlalu lama tanpa sesekali dipanaskan. Kalau sudah begitu, kondisi aki pasti menjadi tekor. Momen sulit untuk men-starter kendaraan pasti akan sering ditemui. Untuk itu, Bro n Sis disarankan menyalakan kendaraan seminggu sekali jika memang benar-benar tidak digunakan. Kalau perlu dipakai bepergian juga. Dengan cara tersebut, aki bisa terisi secara optimal dan tentunya masa pakai menjadi lebih lama.

Air Aki Habis

Aki yang digunakan terdapat dua jenis yaitu aki kering dan aki basah, untuk yang menggunakan aki basah biasanya banyak yang lupa untuk mengecek ketinggian air aki. Sehingga kadang terdapat beberapa kendaraan yang air akinya habis dan menyebabkan bau yang khas. Jika kondisi ini sudah terjadi biasanya aki akan menjadi soak. Untuk itu, lakukan pengecekan air aki sebelum bepergian, khususnya ke tempat yang cukup jauh agar kondisi aki bisa tetap terjaga.

Terlalu Banyak Aksesoris Kelistrikan

Aki berguna untuk menyimpan energy listri dan menjadi sumber listrik agar beberapa komponen atau aksesoris kendaraan bisa digunakan. Namun jika aksesoris kendaraan terlalu banyak, aki akan mudah tekor. Aksesoris yang cukup banyak memakan energi listrik pada sepeda motor adalah penggunaan lampu berlebih sedangkan pada mobil biasanya selain lampu adalah audio.

Karena itu ketika bro n sis akan memodifikasi mobil terutama berkaitan dengan system kelistrikan misalnya ketika akan menambahkan lampu atau memodifikasi audio kendaraan pastikan juga untuk melakukan penyesuaian kapasitas aki agar lebih optimal. Ganti aki dengan kapasitas lebih besar agar suplai listrik yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kendaraan bro n sis.

Aki Sudah Berumur

Aki yang sudah lama digunakan lambat laun kekuatannya akan berkurang semakin berumur usia aki maka daya listrik yang bisa disimpannya lambat laun akan semakin berkurang. 

Untuk mengatasi hal seperti ini, Bro n Sis disarakan untuk mengganti aki lama dengan aki yang baru agar tidak mengganggu nantinya. Biasanya usia aki akan bekerja secara optimal direntang usia 2-3 tahun

Kapasitas Aki Terlalu Kecil

Saat ini, ukuran aki tidak berbanding lurus dengan kapasitas penyimpanan listriknya meskipun rata-rata semakin besar ukuran aki maka kapasitasnya biasanya akan semakin besar. Oleh karena itu ketika bro n sis mengganti aki, carilah kapasitas yang besar atau sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai bro n sis membeli aki yang terlalu kecil. Kalau daya yang disimpannya lebih kecil dari yang dibutuhkan sedangkan altenator memasok listrik yang cukup besar maka akan terjadi overcharge yang tentunya akan membuat usia akinya akan lebih cepat berkurang dibandingkan yang seharusnya.

Itu dia bro n sis beberapa tips untuk mencegah terjadinya aki yang mudah tekor, semoga bermanfaat.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s