Cakram Mobil Berubah Jadi Berkarat, Jangan Panik!!!

Bro n Sis… Akhir-akhir ini disaat kita lebih banyak beraktifitas di dalam rumah kendaraan yang biasa kita gunakan untuk beraktifitas menjadi lebih sering terdiam di dalam garasi hal ini tuntu akan membuat salah satu komponen yaitu piranti pengereman yang sudah menggunakan rem cakram,kondisi piringan cakramnya menjadi muncul karat.

Banyak yang menduga kalau sudah timbul karat pada piringan cakram ini berarti kualitas pengereman akan jadi buruk, begitu juga dengan kualitas piringan itu sendiri. Padahal hal ini adalah wajar, terjadinya karat pada piringan cakram akibat adanya sisa air yang menempel. Namun ketika mobil digunakan kembali maka noda atau bercak karat ini akan terkikis ketika terjadi pengereman. 

Bercak karat pada cakram biasanya terjadi karena bahan dari cakram itu sendiri yang mudah berkarat, tapi tidak korosif karena itu baru bereaksi saja. Apalagi ketika malam hari, suhu lingkungan cenderung lebih dingin dan mungkin saja ada embun yang menempel pada bagian piringan

Sekedar informasi saja untuk bro n sis, piringan cakram itu materialnya terbuat dari cast iron atau besi tuang. Sehingga memiliki sifat yang mudah teroksidasi sehingga menimbulkan karat, karena memang tidak diberi anti karat agar mudah menimbulkan friksi saat pengereman.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan noda karat yang muncul?

Nah untuk menghilangkan noda karat jawabannya sangat sederhana, cukup bro n sis gunakan kendaraan minimal seminggu sekali misalnya keliling komplek rumah atau jalan-jalan sore di akhir pekan bersama keluarga.

Noda karat yang tadinya muncul lambat laun akan hilang dengan sendirinya ketika mobil dijalankan 3 atau 5 meter, hilang karena terjadi gesekan dari kampas rem, dan ini sebuah hal yang wajar. Tidak perlu takut kualitas pengereman mobil akan berkurang. 

Untuk menghilangkan karat yang muncul bro n sis sangat tidak disarankan membersihkan piringan cakram dengan menggunakan cairan penetran yang licin, karena hal ini malah akan menyebabkan sistem pengereman mobil bermasalah. Akibat piringan cakram yang licin dari cairan tersebut, jepitan dari kampas rem ke piringan menjadi berkurang dan bisa membahayakan pengemudi.

Nah cukup simple kan bro n sis cara menghilangkan bercak karat yang muncul pada cakram, dengan bro n sis tetap menjalankan mobil minimal satu kali dalam seminggu, selain bro n sis bisa menghilangkan noda karat yang muncul bro n sis juga bisa sekalian merawat komponen lainnya seperti aki dan ban sehingga performanya bisa tetap maksimal.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s