Mencari Tahu Fungsi Washer Alias Ring di Kendaraan Kita

Bro n Sis…. Kendaraan kita itu terdiri dari berbagai komponen yang jumlahnya sangat banyak, masing-masing komponen memiliki fungsi masing-masing. Nah terdapat salah satu komponen yang harganya sangat murah bentuknya terlihat sepele namun memiliki fungsi yang sangat penting.

Nama komponen tersebut adalah Washer yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan ring karena bentuknya menyerupai cincin.

Washer atau Ring ini merupakan komponen berbentuk lempengan tipis dengan lubang di bagian tengah terbuat dari logam ada yang dari plat besi, alumunium maupun tembaga.

Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mendistribusikan beban tekan baut pengencang secara merata pada permukaan komponen atau benda yang disatukan. Washer biasanya ditempatkan di antara kepala baut atau mur dan permukaan komponen yang disatukan. 

Bukan hanya sebagai hiasan, washer ternyata memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Meratakan distribusi beban tekanan pengencang.
  2. Mengikat dan mengunci baut dengan permukaan komponen yang disatukan agar tidak mudah kendor.
  3. Melindungi permukaan duduk atau komponen yang disatukan dari kerusakan atau aus
  4. Menstabilkan permukaan duduk atau komponen yang disatukan atau meredam guncangan.
  5. Mencegah kebocoran dan
  6. Mengatur jarak pengencangan.

Karena setiap bagian kendaraan kita yang dikencangkan dengan baut memiliki beragam kondisi, maka washer pun dibuat dengan beragam jenis dan bentuk berbeda. Perbedaan jenis dan bentuk washer ditentukan pada material bahan, beban serta getaran yang timbul pada komponen yang disatukan.

Sebagai contoh, washer yang digunakan untuk mengencangkan area ban biasanya terbuat dari plat besi namun untuk washer pada lubang pembuangan oli terbuiat dari bahan alumunium atau tembaga agar lebih lunak dan bisa mencegah kebocoran.

Washer ternyata tidak bisa terus menerus digunakan, washer perlu diganti ketika melakukan pelepasan baut atau mur pada washer tersebut, karena dapat berdampak negatif apabila washer tidak di ganti yang baru seperti, crank case retak, dudukan baut dol dan lainnya.

Beberapa contoh bagian yang wajib dilakukan penggantian washer diantaranya untuk washer yang terdapat pada saluran pembuangan pada bagian oli mesin, oli gardan dan coolant.

Nah satu lagi yang perlu bro n sis ketahui, seiring dengan pemakaian kendaraan kita yang melewati beragam kondisi jalan dan cuaca, performa komponen-komponen sepeda motor akan berkurang. Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan secara rutin agar setiap komponen bisa tetap berfungsi dan bekerja secara optimal.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s