Sering Dilupakan Dan Jadi Masalah Saat Diperlukan, Jangan Lupa Selalu Merawat Ban Cadangan

Bro n Sis…. Hari jumat kemarin MJ mendapati kondisi yang sangat tidak menyenangkan dimana ban mobil MJ mengalami bocor pada bagian dinding bannya sehingga harus menggantinya dengan ban cadangan agar bisa terus beraktifitas.

Namun masalah muncul ketika ban cadangan akan digunakan, dimana tekanan angin ban jauh berkurang sehingga ban cadangan harus terlebih dahulu dipompa sebelum digunakan sehingga banyak waktu yang terbuang akibat proses penggantian ban ini.

Pengecekan dan perawatan pada ban memang sudah menjadi hal yang perlu diperhatikan tapi kadang kita sering lupa untuk melakukan pengecek keberadaan serta kondisi ban serep atau ban cadangan. Apalagi kalau letak penyimpanan ban serep ini ada di kolong mobil, pasti sering diabaikan keberadaannya.

Ban serep baru dirasa sangat penting dan disentuh ketika kondisinya sudah dibutuhkan, alias saat ban mobil mengalami kempes atau bocor. Terus bagaimana kalau ternyata kondisi ban serepnya tidak layak pakai? Itu sebabnya penting juga untuk merawat dan mengecek kondisi ban serep.

Karena ban terbuat dari karet sehingga cukup rentan dan harus diperhatikan secara rutin terlebih ketika posisi penyimpanannya di kolong mobil tentu saja akan lebih sering terkena debu dan kotoran sehingga tentunya bisa membuat kondisinya menjadi kotor bahkan menjadi cepat rusak.

Cara yang paling mudah untuk merawat ban cadangan adalah dengan mengetahui kondisi karet ban dan juga tekanan anginnya.

Tekanan angin ban diusahakan selalu di cek minimal 1 bulan sekali, karena jarang digunakan serta posisinya yang susah terlihat tekanan anginnya bisa turun tanpa kita sadari, untuk mengatasi hal ini maka biasanya tekanan angin untuk ban cadangan bisa dibuat lebih tinggi sekitar 35-40 psi sebagai antisipasi dari penurunan tekanan yang drastis.

Selain tekanan angin, biasakan juga secara rutin untuk mencuci ban cadangan terutama untuk yang penempatan ban cadangan di kolom mobil, selain kurang sedap dilihat saat digunakan karena kondisinya kotor, kondisi ban yang selalu terjaga kebersihannya juga bisa menjaga kondisi karet ban menjadi lebih awet.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s