MotoGP: Bagnaia Menangi Balapan MotoGP Seri Jerez 2022, Quartararo Ke-2

Bro n Sis… Balapan MotoGP terus berlanjut dan akhirnya memasuki seri ke-6 yang digelar di Sirkuit Jerez dimana menyuguhkan persaingan yang cukup menarik antara Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo vs Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha yang akhirnya dimenangkan oleh Bagnaia

Mendapatkan tekanan dan ditempel ketat terus sejak balapan pertama kali dimulai Bagnaia berhasil memperlihatkan kualitasnya dan menjadi bagian dari pembalap yang mengejar gelar juara dunia 2022. Sementara itu Quartararo harus puas finish di posisi kedua namun dengan poin yang diraihnya dia tetap berhak untuk menempati posisi tertinggi klasemen pembalap MotoGP.

Sementara itu, Aleix Espargaro yang berhasil mengamankan podium ketiga setelah bertarung habis-habisan dengan Marc Marquez dan Jack Miller akhirnya menjadi titik dimana berakhirnya konsesi MotoGP untuk tim Aprilia setelah enam turun di kelas utama MotoGP.

Saat balapan MotoGP dimulai di Dirkuit Jerez yang kembali menggelar balapan yang dihadiri penonton sejak 3 tahun lalu, Bagnaia yang menempati pole position langsing melesat meminpin balapan dengan Quartararo tepat mengikutinya di posisi kedua. Diikuti kemudian dengan persaingan sengit Aleix Espargaro dan Marc Marquez bersaing dari benar-benar saling sikut dari garis, dimana pembalap Aprilia tersebut terus berada di juara Juara Dunia delapan kali Sedangkan Jack Miller dari Tim Lenovo Ducati berada di posisi ketiga di awal lap, di depan Takaaki Nakagami dari LCR Honda Idemitsu.

Marquez terlihat kembali cukup bersemangat di balapan kali ini dimana dia berhasil menyalip Nakagami dari dalam saat masuk tikungan dan akhirnya menempati posisi keempat. Pembalap Jepang itu dipaksa melebar oleh Marquez, hal ini juga langsung dimanfaatkan oleh Espargaro untuk ikut merangsek kedepan.

Beberapa detik kemudian Jorge Martin dari Pramac Racing harus kembali bertemu dengan gravel untuk keempat kalinya dalam enam balapan di penampilannya yang ke-200 di kelas utama MotoGP diwaktu bersamaan Stefan Bradl dari HRC juga menabrak dek di tikungan terakhir.

Dalam beberapa lap yang dilalui duo pembalap terdepan terus menjauh dari dari Miller. Pada Lap 5 terdapat gap sebanyak 1,5 detik dan selisih waktu tersebut terus bertambah setiap lapnya. Sementara itu pembalap asal Australia ini terus mendapat tekanan Marquez dan Aleix Espargaro yang terus menempel ketat di belakangnya.

Balapan terus berlanjut, Darryn Binder pembalap WithU RNF Yamaha tersingkir di Tikungan 2. Selain itu balapan kali ini jadi balapan yang cukup buruk bagi Alex Rins dimana setelah mengawali balapan yang kurang bagus dirinya terpaksa harus membawa GSX-RR-nya melalui gravel trap di tikungan 11. Mimpi buruk juga berlanjut untuk tim Pramac Racing dimana Johann Zarco terjatuh di Tikungan 5.

Setelah balapan berlangsung kurang lebih setengahnya Bagnaia berhasil menambah jarak dengan Quartararo di belakangnya. Pembalap Italia tersebut terus mempertahankan jarak tersebut hingga tiga lap menjelang balaan berakhir. Di tiga lap terakhir Quartararo mulai kembali gas pol mendekati Bagnaia dan mulai mendekati pria pabrikan Ducati. Quartaro dan Bagnaia meninggalkan pembalap lainnya hingga 11 detik di belakangnya.

Memasuki lap terakhir Bagnaia masih memimpin balapan. Saat mereka melewati sektor keempat dan terakhir, Quartararo semakin dekat, jaraknya hanya berjarak seperempat detik dari mantan Juara Dunia Moto2™. Tapi Bagnaia tetap konsisten dan bisa kuat tanpa melakukan kesalahan ketika mendapat tekanan sehingga akhirnya untuk pertamakalinya podium menjadi milik Bagnaia sejak balapan penutup musim di Valencia tahun lalu dan yang kedua untuk pabrik Bologna di Andalusia dalam beberapa tahun.

Quartararo yang berhasil menempati podium untuk ketiga kalinya di musim ini berhasil menambah jarak dari saingannya dari nol menjadi delapan poin.

Sama halnya seperti duel untuk menentukan juara di Sirkuit Jerez ini, pertandingan untuk memperebutkan podium ketiga pun sangat menarik. Masih ada lima lap tersisa ketika Marquez melakukan gerakan sempurna satu inci ke bagian dalam Miller di Tikungan 5. Aleix Espargaro yang berada di belakang tahu kapan waktu yang te[at bagi dia untuk bisa menyaip baby alien sehingga akhirnya di lap yang sama Espargaro melakukan late brake ke tikungan terakhir dan berhasil naik dari posisi ke-5 langsung ke posisi ke-3.

Marquez kemudian sedikit melebar ke tikungan terakhir dan bagian depan RC213V-nya terlipat, dan seperti biasa Marquez kembali melakukan safe sehingga dia tidak mengalami crash.

Marquez yang berada di posisi ke-5 kemudian mencoba peruntungan terakhirnya agar bisa tidur dengan nyenyak dan akhirnya bisa menyalip Miller di tikungan 8 dengan cukup cantik sehingga akhirnya berhasil finish di posisi ke-4 dan Miller harus puas di posisi ke-5.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s