Mau Kembali Melakukan Perjalanan, Jangan Lupa Kembali Di Cek Kendaraannya!!!

Bro n Sis…. Mudik menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia ketika tiba hari lebaran, banyak orang melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta yang ditinggalkan merantau. Berbagai moda transportasi digunakan dalam perjalanan mudik mulai dari sepeda motor maupun mobil.

Sama halnya dengan persiapan sebelum mudik, setelah melakukan perjalanan mudik dan akan kembali melakukan perjalanan untuk kembali ke tempat merantau bro n sis harus melakukan pemeriksaan dan perawatan agar performa kendaraan yang bro n sis gunakan tetap optimal dan nyaman digunakan.

Untuk menjaga performa kendaraan, bro n sis harus melakukan beberapa hal berikut ini:  

Ganti Oli

Setelah perjalanan jauh, kualitas oli dalam memberikan perlindungan komponen mesin akan berkurang. Karena itu perlu dilakukan penggantian oli agar komponen mesin tetap terlindungi dan bekerja dengan optimal terlebih untuk bro n sis yang akan melakukan perjalanan sebelumnya belum sempat mengganti oli. Selain itu, oli yang baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin akan membuat suhu mesin selalu dalam kondisi ideal.

Periksa Kondisi Ban

Ban bekerja sangat keras ketika melintasi beragam kondisi jalan di sepanjang jalur mudik dan akan kembali diajak bekerja keras ketika arus balik. Karena itu, periksalah dengan seksama kondisinya, apakah ada bagian yang rusak atau retak serta periksa ketebalannya.

Jika permukaan ban sudah sejajar dengan benjolan Tread Wear Indicator (TWI) yang berada di celah pattern/kembangan ban, maka gantilah ban dengan yang baru agar daya cengkram ban ke aspal lebih otimal.

Selain itu, periksa juga tekanan anginnya, apakah kekurangan tekanan angin atau terlalu keras.

Periksa Filter Udara

Ketika melakukan perjalanan mudik kemarin, kotoran yang menempel pada filter udara perlu dibersihkan agar tak menghambat aliran udara ke ruang bakar. Karena hambatan aliran udara ke ruang bakar akan membuat proses pembakaran di ruang bakar tak sempurna. Imbasnya kinerja mesin dan performanya akan menurun.

Selain itu, membersihkan filter udara akan mencegah kotoran yang menempel di filter ikut terbawa masuk ke ruang bakar yang berisiko menimbulkan kerusakan komponen mesin sepeda motor.

Periksa Komponen Rem

Bagian rem jadi salah satu komponen yang harus mendapatkan perhatian khusus setelah melewati perjalan mudik kemarin. Selain masalah kebersihan yang dapat menghambat kinerja rem, pastikan seluruh bagian rem masih dalam kondisi baik seperti ketebalan kanvas rem, volume minyak rem dan ketebalan cakram.

Periksa Rantai dan Gir

Untuk bro n sis yang mudik menggunakan sepeda motor jenis sport atau bebek, periksa jarak kekencangan rantai dan kondisi gir. Jika kondisi rantai terlihat kendur, maka segera kencangkan agar sepeda motor tetap nyaman digunakan. Untuk kondisi gir, pastikan mata gir tidak dalam kondisi aus yang ditandai dengan tingkat keruncingannya.

Bersihkan CVT

Nah untuk yang mudik menggunakan motor matik, kebersihan CVT sangat penting karena berhubungan dengan penggerak roda. CVT yang kotor dapat menghambat kerja pulley dan v-belt. Selain itu, CVT yang kotor juga bisa menimbulkan gredek dan penurunan performa sepeda motor.

Periksa Kelistrikan

Pastikan seluruh komponen kelistrikan masih berfungsi dan bekerja dengan baik. Periksalah lampu depan, belakang, sein dan lampu indicator pada panel meter masih menyala dengan normal.

Selain itu, periksa juga kondisi baterai atau aki. Pastikan daya atau tegangan yang dihasilkan dari aki sesuai dengan standar pabrikan. Jika tegangannya sudah menurun, segera ganti aki dengan yang baru agar kinerja komponen yang membutuhkan daya listrik tetap bekerja secara optimal dan tidak masalah saat melakukan perjalanan di arus balik.

Cek Volume Cairan Radiator

Untuk bro n sis yang kendaraannya menggunakan pendingin radiator, periksa dan pastikan ketinggian volume cairan radiator masih dalam batas yang dianjurkan agar proses pendinginan mesin dapat bekerja dengan baik dan mesin selalu dalam suhu ideal.

Selamat melakukan perjalanan di arus balik, tetap konsentrasi, jaga kesehatan dan segera istirahat ketika badan sudah merasa lelah. Cari tempat istirahat senyaman dan seaman mungkin agar tidak menyebabkan terjadinya kecelakaan ketika kita sedang beristirahat.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s