Jangan Biarkan!!! Segera Ganti Kalau Kampas Rem Sudah Aus

Bro n Sis… Sistem pengereman merupakan salah satu bagian dari sepeda motor kita yang bisa membuat sepeda motor kita melaju dengan kencang. Lho kok??? Yup dengan ada sistem pengereman yang mumpuni maka kita tidak akan takut dan was-was ketika ketika sedang melaju di jalan raya.

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang berada dalam sistem pengereman dan berfungsi untuk untuk memperlambat hingga akhirnya menghentikan putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna. 

Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengerem. Karena itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu berkerja pada suhu panas sehingga tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih. 

Nah karena pentingnya sistem pengereman ini tentu jika sistem rem tidak bekerja dengan baik akibat berkurangnya kemampuan kampas rem menahan panas dari gaya gesek tersebut, rem  bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan. 

Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak caram atau dinding drum pada rem tromol sehingga tentunya akan kembali menguras dompet kita untuk biaya perawatan yang harus dikeluarkan suatu saat nanti. 

Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan dan mengganti kampas rem yang habis aus.  

Nah berikut ini beberaa tanda -tanda dari kampas rem yang sudah aus : 

Pada Sistem Rem  Tromol
Kondisinya bisa diketahui dengan cara menekan pedal rem. Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, menunjukan kampas rem sudah harus diganti. Indikatornya berbentuk segitiga di bagian tutup tromol berdekatan dengan tuasnya yang biasa kita menyebutnya paha ayam paha ayam. Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor ketika tromol dibuka untuk dibersihkan.  

Pada Sistem Rem  Cakram
Untuk sistem rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram, indikator keausan dapat dilhat dari bawah caliper rem. Lihat ketebalan kampasnya apakah sudah melewati indikator aus atau belum. Indikator keausan biasanya berupa alur ada kampas cakram tersebut. Jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas rem dengan yang baru.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s