MotoGP: Siapa Pembalap Yang Paling Banyak Kecelakaan di Musim Balap 2022

Bro n Sis…. Setiap tahunnya, MotoGP selalu diwarnai dengan crashnya pembalap dalam memacu motornya baik itu kecelakaan yang bersifat low side maupun high side, malah tidak sedikit pembalap harus menjalani perawatan medis akibat kecelakaan yang dialaminya.

Kecelakaan pasti mungkin saja terjadi di setiap balapan karena para pembalap harus memacu motornya hingga diluar batas kemampuan motor maupun pembalapnya agar bisa bersaing dengan pembalap yang lain.

Di musim balap 2022, Dorna mengumumkan bahwa kecelakaan yang terjadi sebanyak 1.106 crash angka yang sangat besar namun ternyata lebih sedikit dibandingkan dengan musim 2017 yang terdapat kecelakaan sebanyak 1.126 dan saat ini menjadi rekor keceakaan terbanyak sejak 12 tahun terakhir.

Jika dipecah kedalam masing-masing kelas, Untuk kelas MotoGP terjadi sebanyak 335 kecelakaan, atau jika dirata-ratakan terjadi 16,7 kecelakaan setiap serinya kemudian di kelas Moto2 yang menjadi kelas terbanyak mengalami kecelakaan dengan total 428 dalam 20 seri yang berarti terdapat rata-rata 21,4 kecelakaan tiap serinya,

Sementara itu di Moto3 jumlah kecelakaan yang terjadi cukup menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dimana di musim 2022 kemarin jumlah kecelakaan yang terjadi sebanyak 343 atau rata-rata tiap serinya terjadi 17,5 kecelakaan.

Satu fakta yang menarik nih bro n sis di musim balap tahun ini, jika kecelakaan sevelumnya kebanyakan terjadi saat free practice, di tahun ini jumlah kecelakaan terbanyak terjadi saat balapan yaitu sebanyak 346 kecelakaan.

Lalu siapakah pembalap yang paling banyak mengalami kecelakaan di musim balap 2022??

Di kelas MotoGP pembalap yang mengalami kecelakaan terbanyak adalah sang Rookie MotoGP Darryn Binder dimana pembalap asal Afrika Selatan itu mengalami insiden sebanyak 27 kali, kemudian Marco Bezzecchi yang memperkuat Mooney VR46 Racing Team sebanyak 23 kali, sementara Pol Espargaro dari Honda dan Alex Marquez sama-sama jatuh 21 kali di musim 2022. Dan pembalap yang paling sedikit mengalami kecelakaan adalah Maverick Vinales dari Aprilia Racing yang terjatuh sebanyak dua kali sepanjang musim.

Di kelas Moto2, Keminth Kubo menjadi pembalap yang mengalami kecelakaan terbanyak sebanyak 25 kali kecelakaan, kemudian Niccolo Antonelli sebanyak 22 dan Aron Canet dari tim Flexbox HP40 dan Jake Dixon dari Inde GASGAS Aspar Team yang mengalami kecelakaan sebanyak 20 kali.

Terakhir di kelas Moto3, Elia Bartolini mengalami 22 kali kecelakaan, Kaito Toba mengalami 20 kali kecelakaan dan Lorenzo Fellon mengalami kecelakaan sebanyak 16 kali.

Dari sekian banyak kecelakaan yang terjadi, Autodromo Internacional do Algarve tempat diselenggarakannya GP Portugal menjadi lokasi paling banyak terjadinya kecelakaan yaitu 105 kali kejadian diikuti dengan Le Mans sebanyak 87 kali dan Misano sebanyak 71 kali. Lalu untuk Sirkuit Mandalika, disana di musim 2022 terjadi 44 kejadian kecelakaan.

Lalu tikungan mana kah yang merupakan tikungan paling angker dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi???

Jika sebelumnya tikungan ke-3 di Le Mans menjadi tikungan paling banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan, di tahun 2022 tikungan pertama di sirkuit Sachsenring adalah tempat yang paling banyak mengalami kecelakaan dengan total kejadian sebanyak 21 pembalap dimana salah satu diantaranya adalah Juara Dunia MotoGP Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team). Kemudian tikungan angker berikutnya adalah tikungan 7 di Le Mans yang terjadi 20 kecelakaan dan Tikungan 4 di Misano yang menjadi tempat 17 pembala harus mengalami kecelakaan.

Itu dia bro n sis rekap kecelakaan yang terjadi di musim balab 2022, semoga di musim balap 2023 yang akan dimulai pada 26 Maret 2023 nanti balapan akan semakin seru yah….

Blog MenyusuriJalan

Email : menyusurijalan@gmail.com
Facebook : Menyusurijalandotcom
Twitter : @MenyusuriJalan

1 thought on “MotoGP: Siapa Pembalap Yang Paling Banyak Kecelakaan di Musim Balap 2022

  1. Ping balik: MotoGP: Siapa Pembalap Yang Paling Banyak Kecelakaan di Musim Balap 2022 — MenyusuriJalan.Com – Kabar News co

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s