Sekring, Kecil-Kecil Cabe Rawit

Bro n Sis…. Sekring atau yang biasa disebut juga sebagai fuse merupakan salah satu komponen yang wajib ada pada kendaraan kita baik sepeda motor maupun mobil. Komponen yang satu ini meskipun ukurannya kecil namun memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan kita.

Sekring menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam sistem kelistrikan kendaraan kita, dengan keberadaanya sistem kelistrikan motor atau mobil kita bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Fungsi utama dari sekring yaitu untuk memutus aliran arus listrik pada sistem kelistrikan. Pemutusan aliran arus listrik ini akan terjadi ketika aliran arus listrik yang mengalir melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Kondisi ini dapat mencegah adanya korsleting pada komponen-komponen kelistrikan mobil sehingga lebih jauh mencegah kendaraan kita terbakar.

Selain korsleting dapat menimbulkan kebakaran pada mobil, korsleting juga dapat menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen elektronik yang berada di motor terutama pada mobil. Dengan adanya fuse atau sekring, maka komponen elektronik lainnya dapat terhindar dari kerusakan yang ditimbulkan korsleting.

Sekring bisa menjadi penanda apabila ada masalah atau kerusakan pada sistem kelistrikan. Sekring akan terputus jika ada masalah pada sistem kelistrikan, dengan mengetahui bagian mana yang berpotensi mengalami kerusakan maka kita bisa dengan mudah menentukan langkah apa yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Terdapat banyak jenis sekring yang digunakan, namun saat ini sekring jenis blade merupakan salah satu jenis sekring yang banyak digunakan. Sekring memiliki besaran kapasitas maksimal arus listrik yang bisa melewatinya, dan untuk jenis blade besaran kapasitas maksimal arus listrik ini selain bida dilihat dari angka yang tertera juga secara sekilas bisa dilihat dari warnanya.

Nah berikut ini adalah warna dan kapasitas maksimal arus listrik dari sekring jenis blade.

  • Warna cokelat = 7.5 ampere
  • Warna merah = 10 ampere
  • Warna biru = 15 ampere
  • Warna kuning = 20 ampere
  • Warna putih = 25 ampere
  • Warna hijau = 30 ampere
  • Warna orange = 45 ampere

Nah setelah bro n sis tahu betapa pentingnya sekring pada kendaraan kita jangan anggap sepele yah komponen kecil yang satu ini, kecil-kecil cabe rawit, meskipun kecil fungsinya sangat luar biasa.

Blog MenyusuriJalan

Mangga..... Komentarnya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s